Polres Metro Jakarta Utara Tangkap Otak Motor Terobos Jalan Tol
Logo BeritaSatu

Polres Metro Jakarta Utara Tangkap Otak Motor Terobos Jalan Tol

Senin, 14 Desember 2015 | 19:16 WIB
Oleh : Carlos Roy Fajarta / FMB

Jakarta - Kepolisian Resort (Polres) Metropolitan Jakarta Utara, Senin (14/12) berhasil menangkap enam orang yang terlibat langsung dalam aksi ratusan anggota komunitas motor yang konvoi memasuki jalan tol melalui Pintu Tol Ancol Timur, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.

Keenam pelaku itu diketahui merupakan para pentolan atau otak dari penghasutan para ratusan pengendara sepeda motor ‎lainnya yang melintasi Tol Wiyoto Wiyono pada Minggu (13/12) lalu sekitar Pukul 04.00 WIB.

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Susetio Cahyadi, mengatakan pihaknya sudah melakukan penangkapan terhadap enam pesepeda motor yang melintasi jalan tol di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Utara.

"Ya, memang benar otak-otak pelakunya sudah kita tangkap semalam, ada enam ‎orang, ya ratusan pengendara motor itu tidak akan masuk kalau tidak karena keenam orang ini, penggeraknya ini kita tangkap dan dia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya," ujar Susetio, Senin (14/12) kepada Suara Pembaruan.

Ia mengaku sudah membentuk tim untuk menangkap pelaku penerobosan akses masuk jalan tol sejak Minggu (13/12) siang lalu dengan melakukan apel di depan RS Puri Media, Kelurahan Sungai Bambu‎, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara yang merupakan tempat seorang korban peluru nyasar dirawat.

"Seluruh anggota saya kumpulkan dan saya minta kepada mereka untuk menangkap otak-otak pelaku penerobosan jalan tol dalam waktu paling lama 1x24 jam, d‎an akhirnya mereka berhasil menangkap keenam orang itu tadi malam," tambah Susetio.

Menurut Susetio, terkait penerobosan ‎itu para pengendara sepeda motor itu akan dijerat dengan Undang Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan kepada seluruh pengendara sepeda motor yang melakukan konvoi di Jalan Tol Wiyoto Wiyono dan kepada keenam master mind akan dikenakan Pasal 160 ayat 1 KUHP tentang Penghasutan‎.

‎"Pelanggaran-pelanggaran seperti ini rupanya sudah dibiarkan oleh Polres selama bertahun-tahun dan belum ada penindakan tegas, makanya semalam sudah saya perintahkan anggota tangkap mereka semua dan kumpulkan sehingga bisa dilakukan pembinaan dan sanksi kepada masing-masing individu," lanjutnya.

Lebih lanjut, Susetio juga meminta kerja sama dengan PJR Polda Metro Jaya, Satlantaswil Jakut, serta pihak operator jalan tol untuk bekerja sama memberantas tindakan-tindakan premanisme yang melanggar aturan dan hukum yang berlaku.

"Ini memalukan institusi Polri secara keseluruhan, bukan hanya wilayah Jakarta Utara saja, makanya saya harap setiap instansi tidak menganggap hanya dirinya yang berwenang melakukan penindakan di jalan tol‎, kita harus koordinasi bersama untuk mencegah aksi serupa terulang kembali," tutup Susetio.

Sebelumnya ratusan pesepeda motor menerobos Tol Wiyoto Wiyono dari Pintu Masuk Ancol, dan akhirnya keluar pada Pintu Masuk Tol Plumpang.

Meski sudah dikejar oleh anggota PJR yang mengejar dan melakukan tembakan peringatan, tapi para pesepeda motor itu tetap cuek dan terus berkendara di atas jalan Tol.

Justru tembakan peringatan yang dilakukan oleh anggota PJR mengenai seorang pengendara ojek yang ada di bawah kolong tol.

Sumber: Suara Pembaruan


BAGIKAN




BERITA LAINNYA

Komisi A DPRD DKI Tes 14 Calon Komisioner KIP DKI

Masing-masing calon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi misi selama 10 menit.

MEGAPOLITAN | 14 Desember 2015

Basuki Akan Rayakan Natal di Jakarta

Mantan Bupati Belitung Timur ini ingin merayakan Natal bersama bersama keluarganya di Jakart

MEGAPOLITAN | 14 Desember 2015

Lacak GPS, Polisi Tangkap 4 Pencuri Mobil Rental

Berdasarkan pemeriksaan, para pelaku sudah menjalankan aksi kejahatan di empat TKP berbeda seperti di Petukangan dan Bintaro.

MEGAPOLITAN | 14 Desember 2015

Implementasi ZI, Fokus Pelayanan Publik Bersentuhan dengan Masyarakat

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, memaparkan pentingnya implementasi Zona Integritas(ZI) instansi pemerintah

MEGAPOLITAN | 14 Desember 2015

SD Dharma Karya Kembangkan Pola "Urban Farming"

Selanjutnya, bibit sayuran ditanam dan pot-pot tersebut bisa disusun pada rak-rak dengan pola bertingkat.

MEGAPOLITAN | 14 Desember 2015

DPRD DKI Dapat Restu Basuki Beli Laptop Baru

Basuki mengaku tidak mempermasalahkan pembelian laptop tersebut jika memang untuk alat bekerja.

MEGAPOLITAN | 14 Desember 2015

Basuki Setuju Kenaikan Uang Perjalanan Dinas DPRD DKI

Kenaikan tersebut disetuji setelah lima anggota DPRD DKI Jakarta menyambangi kantor Basuki untuk memberikan penjelasan.

MEGAPOLITAN | 14 Desember 2015

Polisi Bekuk Penjual Obat-obatan Keras ke Pelajar di Petukangan

Polisi membekuk satu tersangka dan menyita 3.746 butir obat berbagai jenis.

MEGAPOLITAN | 14 Desember 2015

Polresta Bekasi Kota Ungkap Peredaran Narkoba 13,9 Kg

Barang bukti narkoba ini diungkap dari empat pelaku yang berada di Kota Bekasi dan Jakarta Pusat.

MEGAPOLITAN | 14 Desember 2015

Puluhan Sekolah di Tangsel Hadapi Penilaian Adipura

Berbagai kampanye peduli lingkungan akan dilakukan di antaranya melakukan piket merawat tanaman penghijauan di sekolah dan mengoptimalkan bank sampah.

MEGAPOLITAN | 14 Desember 2015


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS