Gagal Menyalip Bus, Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk

Gagal Menyalip Bus, Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk
Jenazah korban tabrakan truk di Jalan Enggano Raya, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, 4 Februari 2016. ( Foto: BeritaSatu Photo/Carlos Roy Fajarta )
Carlos Roy Fajarta / PCN Kamis, 4 Februari 2016 | 19:33 WIB

Jakarta- Seorang pengendara sepeda motor yang terjatuh saat hendak mendahului sebuah bus penumpang, Arimbi di Jalan Enggano, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (4/2) tewas setelah dilindas truk kontainer yang melintas di lokasi tersebut.

Korban yang saat itu sedang berupaya menyalip bus di depannya terjatuh di jalan yang sudah dibeton tersebut karena stang sepeda motornya menyenggol bus Arimbi dan kemudian disambar oleh truk kontainer yang tidak sigap mengantisipasi keberadaan pengendara sepeda motor tersebut.

Maman (35), salah seorang tukang ojek di Pelabuhan Tanjung Priok‎ yang biasa mangkal di depan Komplek Ruko Enggano Megah, mengatakan korban saat itu berupaya mendahului sebuah bus yang sedang melaju dengan kecepatan 50 kilometer/jam.

"Saat itu jalan agak lengang meski cukup ramai, tapi si pengendara motor ini berupaya memaksa untuk mendahului. Padahal, saat itu hujan sedang gerimis, enggak tahunya dia jatuh di samping bus dan langsung kelindes truk kontainer," ujar Maman, Kamis (4/2).

Menurutnya, korban langsung tewas seketika di lokasi kecelakaan dengan kepala pecah dan sejumlah bagian tubuh yang remuk karena dilindas ban truk kontainer tersebut.

Saksi mata lainnya, Muhammad Hardiansyah (26), mengungkapkan akibat‎ kecelakaan tersebut sempat membuat kemacetan panjang karena banyak pengendara sepeda motor yang berhenti dan turun dari kendaraannya untuk melihat lebih dekat korban yang tewas.

"Warga di sini sempet geger Mas, malah mereka sempat mau mengeroyok sopir truk kontainer itu tapi sudah keburu dicegah sama polisi," kata Hardi.

Setelah dievakuasi oleh pihak kepolisian, menurutnya, arus lalu lintas kemudian berangsur-angsur kembali lancar dan aktivitas keluar masuk truk kontainer yang melintas dari Pelabuhan Tanjung Priok pulih setelah tidak bergerak hingga ratusan meter.

‎Sementara itu, Kepala Unit Kecelakaan (Kanit Laka) Satuan Lalu Lintas Wilayah Jakarta Utara, AKP Sigit‎ Purwanto, mengatakan kecelakaan terjadi pada Pukul 13.30 WIB saat ‎sepeda motor korban hendak melintas di Jalan Enggano menuju arah Jalan Yos Sudarso.

Korban diketahui bernama Hidayah (46), warga Jalan Siantar VIII Nomor 9, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat yang mengendarai sepeda motor Honda Supra X dengan nomor polisi B-3039-BTL.

Sedangkan, sopir truk kontainer yang melindas korban ‎diketahui bernama Jon Filson Sumbayak (26), warga Jalan Kelapa Hijau, RT13/RW07, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Ia mengendarai truk kontainer dengan nomor polisi L-9049-UR.

"Korban saat itu sedang melaju dari arah barat ke timur, saat di depan pintu keluar ruko perkantoran‎, ia berusaha mendahului dari sebelah sisi kanan bus penumpang yang tidak diketahui nomor polisinya, kemudian terjatuh ke bahu kanan jalan," ujar Sigit.

Setelah itu, menurutnya, korban langsung dilindas oleh roda bagian belakang sebelah kiri dari kendaraan kontainer yang dikendarai oleh Jon yang melaju di lajur kanan jalan, sehingga korban mengalami pecah pada bagian kepala.

"Korban langsung kita bawa ke RSCM, setelah itu kami langsung menghubungi keluarga korban dan melakukan olah TKP, serta mengamankan kendaraan korban dan supir truk kontainer untuk dibawa ke Markas Satlantas Wilayah Jakarta Utara.

Sumber: Suara Pembaruan