Ini Konsep Taman di Kalijodo

Ini Konsep Taman di Kalijodo
Alat berat jenis eskavator dikerahkan dalam proses pembongkaran kawasan lokalisasi Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara, 29 Februari 2016. ( Foto: Beritasatu.com/Danung Arifin )
Deti Mega Purnamasari / CAH Senin, 29 Februari 2016 | 11:20 WIB

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta, Senin (29/2) ini melakukan penggusuran sejumlah bangunan liar di kawasan Kalijodo, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Wilayah yang peruntukkannya sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) itu akan dikembalikan lagi sebagaimana mestinya. Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama berencana membuat taman di lahan seluas 1,4 hektare tersebut sebagai salah satu upaya untuk memenuhi RTH di Ibu Kota.

"Kami sudah gambar. Kan konsepnya sudah punya seperti konsep-konsep RPTRA. Cuma ini lebih besar, lapangan bolanya bisa lebih besar," ujar Basuki di Balai Kota, Senin (29/2).

kalijodo

 

Namun sebelum mengubah kawasan itu menjadi sebuah taman, kata Basuki, pihaknya harus mengeruk kali yang melintas di sepanjang kawasan itu supaya lebih bersih.

"Tapi secepatnya lah (dibangun). Kami tidak tahu berapa lama pembangunannya, menurut pengalaman sih, lima bulan jadi," pungkasnya.

Sumber: Suara Pembaruan