Lippo Cikarang Gelar Festival Budaya Sakura Matsuri 2016

Lippo Cikarang Gelar Festival Budaya Sakura Matsuri 2016
Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk, Toto Bartholomeus, saat pembukaan Japan Week dan Festival Budaya Sakura Matsuri 2016 di Orange County, Lippo Cikarang, Sabtu (30/4). ( Foto: Investor Daily/Indah Handayani )
Indah Handayani / FER Sabtu, 30 April 2016 | 16:16 WIB

Cikarang - Untuk mempererat pertukaran budaya Indonesia – Jepang, Lippo Group melalui anak usahanya PT Lippo Cikarang Tbk dengan didukung Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI) dan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menggelar Festival Budaya Sakura Matsuri pada 30 April – 1 Mei 2016 di Orange County, Lippo Cikarang.

Selama dua hari tersebut, Festival Sakura Matsuri diramaikan dengan Japan Culture Corner yang mengadakan berbagai budaya Jepang, mulai dari manga, origami, workshop yukaa, hingga game dengan hadiah menarik. Ada pula Japanese Bazaar, Miss Sakura Competition, Japanese Karaoke & Japanese Speech Competition, dan Cosplay Competition, dengan bintang tamu seperti JKT 48, Yumi Akimoto, Lumina Scarlet, RenAi, Jakarta Keion Club & Cikarang Keion Club.

Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk, Toto Bartholomeus, mengatakan, saat ini sekitar 2.000 ekspatriat Jepang tinggal di Lippo Cikarang dan sekitar 1.500 perusahaan Jepang dibuka di Lippo Cikarang dan kawasan industri sekitarnya. Terlebih, jumlah ekspatriat Jepang dan perusahaan Jepang terus bertumbuh besar setiap tahunnya. Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berupaya mewujudkan Orange County untuk menjadi Hub of Eastern Corridor agar para ekspatriat dapat nyaman tinggal dan berbisnis di Lippo Cikarang.

"Penyelenggaraan Japan Week dan Festival Budaya Sakura Matsuri adalah bentuk komitmen kami untuk memfasilitasi komunitas ekspatriat Jepang yang jumlahnya besar di Lippo Cikarang maupun kawasan industri sekitarnya,” ungkap Toto di sela pembukaan Festival Budaya Sakura Matsuri 2016 di Orange County, Lippo Cikarang, Sabtu (30/4).

Sakura Matsuri 2016

Direktur/Chief Marketing Officer PT Lippo Cikarang Tbk, Stanley Ang, menambahkan, Sakura Matsuri 2016 merupakan yang kelima kalinya digelar. Featival tersebut menggabubgkan antara budaya Jepang dengan lokal. Hal itu karena festival tahunan di Jepang tersebut digelar untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati keindahan bunga Sakura yang mekar pada saat itu. Oleh karena itu, pihaknya juga berupaya menghadirkan suasana yang sama dalam Festival Sakura Matsuri di Orange County.

"Tahun lalu, Festival Budaya Sakura Matsuri yang merupakan perwujudan melting pot budaya Indonesia – Jepang dikunjungi lebih dari 40.000 pengunjung. Pada tahun ini, kami berharap jumlah pengunjung bisa mencapai 60.000 pengunjung. Kami berharap festival ini bisa berlanjut di masa depan dan hubungan antara Indonesia dan Jepang semakin erat,” tambah Stanley