Logo BeritaSatu

PT KCJ Jamin 30 KRL Seri 6000 Masih Layak Pakai

Sabtu, 30 Juli 2016 | 15:14 WIB
Oleh : Carlos Roy Fajarta / JAS

Jakarta - PT KAI (Kereta Api Indonesia) Commuter Jabodetabek (KCJ) sudah mendatangkan sebanyak 30 unit Kereta Rel Listrik (KRL) seri 6000 dari salah satu operator kereta di Jepang yakni ‎Tokyo Metro yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Jumat (29/7) kemarin.

PT KCJ berencana mendatangkan 60 unit KRL pada tahun 2016 ini, setengah di antaranya sudah tiba kemarin sedangkan sisa 30 unit lainnya akan didatangkan paling lambat November mendatang.‎

Meski sudah berusia kurang lebih 20 tahun‎ saat diproduksi di Jepang, PT KCJ menjamin seluruh kereta atau gerbong yang dibeli dengan harga Rp 1 miliar per kereta tersebut masih memiliki masa penggunaan 10-20 tahun ke depan asalkan didukung dengan perawatan dan jaminan ketersediaan suku cadang.

Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila, mengatakan ‎meski 30 unit kereta yang dibeli dari Jepang tersebut sudah berusia cukup lama dan dipakai di negara asalnya, kondisinya masih layak untuk digunakan di Jakarta dengan pembenahan interior.

"Kami masih percaya dengan kualitas kereta dari Jepang ini, rencananya 30 kereta ini akan dirangkai menjadi 8 atau 12, tapi itu masih kami pikirkan terlebih dahulu dan mempertimbangkan pertumbuhan penumpang di sejumlah rute," ujar Fadhila, Jumat (29/7) kemarin di Stasiun Kereta Pasoso Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Ia mengungkapkan ‎selain untuk mencapai target 1,2 juta penumpang pada tahun 2019, pembelian 60 unit KRL bekas dari Jepang pada tahun 2016 itu bisa digunakan menjadi tiga opsi. Ketiganya adalah: bila dirangkaikan dalam 12 susunan KRL maka hanya melayani rute Depok-Jakarta Kota-Bekasi, sedangkan bila 10 susunan KRL bisa diperbantukan ke seluruh rute yang ada, atau pilihan terakhir digunakan untuk menambah armada KRL rute Maja-Tanah Abang.

"‎Kereta ini nanti akan diubah terlebih dahulu pada bagian interiornya untuk menyesuaikan dengan kondisi cuaca di wilayah Jabodetabek, setelah dilaksanakan uji statis dan uji dinamis selama sebulan oleh Kementerian Perhubungan maka siap digunakan untuk melayani penumpang," tambahnya.

‎Sejak tahun 2009, PT KCJ sudah mendatangkan sebanyak 884 unit KRL. KRL yang baru didatangkan nantinya juga akan menggantikan model lama yang sudah tidak layak pakai dan terbatas ketersediaan suku cadangnya.

"Harapan kami ‎dengan keberadaan kereta ini maka jumlah penumpang yang diangkut bisa lebih banyak dan meningkatkan kenyamanan penumpang, apalagi kita lihat dari tren pertumbuhan penumpang KRL dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan," lanjut Fadhila.

Ia mengaku optimistis KRL yang didatangkan dari Jepang tersebut bisa digunakan semaksimal mungkin karena unit dengan seri serupa masih banyak digunakan oleh operator kereta di Jepang sehingga pasokan suku cadang masih terjamin.

"Selain seri 6000, seri 205 masih banyak juga di Jepang, idealnya sebuah KRL bila digunakan dan dirawat dengan baik maka umurnya bisa mencapai 40 tahun. Bukan berarti KRL ini dilepas oleh operator di Jepang sana karena sudah rusak, tapi mereka sudah memproduksi seri lebih baru dengan teknologi yang lebih canggih," ungkapnya.

Kedatangan 30 unit KRL ‎di Dermaga 101 Pelabuhan Tanjung Priok yang berlangsung dari siang hingga malam kemarin kemudian disusun menjadi sebuah rangkaian di Stasiun Kereta Pasoso yang masih ada di dalam satu kawasan Pelabuhan Tanjung Priok.

Kondisi interior dari kereta tersebut ‎terihat masih apik dengan menggunakan sistem model duduk menyamping dengan tiga tempat duduk di masing-masing sisi kanan dan kiri, selain itu adapula sejumlah kipas angin yang berada di bagian atas dari KRL tersebut. Sedangkan pada bagian eksterior kereta dengan warna perak bergaris hijau tersebut banyak yang warnanya sudah usang.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Banjir di MTsN 19 Jakarta, KPAI Ingatkan Sekolah Aman Bencana Wajib Memiliki Jalur Evakuasi

Merespons bencana banjir di MTsN 19 Jakarta Selatan, KPAI mengingatkan sekolah aman bencana wajib memiliki jalur evakuasi dan SOP penanganan bencana.

NEWS | 7 Oktober 2022

Rakernas I PKN: Pasek Ingatkan Kader Jangan Turun Gunung

Ketum PKN Gede Pasek Suardika menyemangati ribuan kader untuk bekerja lebih keras agar lolos verifikasi faktual menuju Pemilu 2024.

NEWS | 7 Oktober 2022

Cuaca Ekstrem, BMKG Peringatkan Waspadai Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Wilayah Ini

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada hari ini dan besok.

NEWS | 7 Oktober 2022

3 Siswa MTsN 19 Jakarta Meninggal Tertimpa Tembok Roboh, Menag Beri Santunan

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyatakan rasa belasungkawa atas kejadian yang menimpa MTsN 19 Jakarta menyebabkan tiga korban tewas.

NEWS | 7 Oktober 2022

Analisis BPBD DKI, Tembok MTsN 19 Tak Mampu Menahan Air

Berdasarkan hasil kaji cepat sementara oleh BPBD DKI Jakarta, robohnya tembok MTsN 19 Pondok Labu.

NEWS | 7 Oktober 2022

Awas, Cuaca Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Diprediksi Hujan Disertai Petir

Cuaca hari ini, BMKG memprakirakan cuaca Jakarta Selatan dan Jakarta Timur alami hujan disertai petir pada Jumat (7/10/2022) siang.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kemenag Beri Santunan Korban Banjir di MTsN 19 Pondok Labu

Kementerian Agama (Kemenag) akan memberi santunan bagi korban meninggal dunia dan luka-luka akibat banjir MTsN 19, Pondok Labu, Jakarta Selatan

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Momen Perdamaian Suporter di Indonesia

Tragedi Kanjuruhan bisa menjadi momen bagi perdamaian suporter dan menghilangkan permusuhan serta kebencian.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kunjungi Korban Musibah MTsN 19, Anies: Peristiwa Ini Pembelajaran

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengunjungi keluarga korban meninggal dunia akibat musibah MTsN 19 Jakarta yang roboh akibat banjir, Kamis malam.

NEWS | 7 Oktober 2022

Anies: Pemprov DKI Akan Perbaiki Fasilitas Gedung MTsN 19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI akan memperbaiki fasilitas Gedung MTsN 19 yang rusak akibat robohnya tembok.

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ini Identitas Korban Tewas dan Luka MTsN 19 Jakarta

Ini Identitas Korban Tewas dan Luka MTsN 19 Jakarta

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings