Lebaran Betawi, Djarot Minta Warga Betawi Jaga Kesatuan Jakarta

Lebaran Betawi, Djarot Minta Warga Betawi Jaga Kesatuan Jakarta
Wakil Gubernur DKI jakarta, Djarot Saiful Hidayat Hadiri Lebaran Betawi yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI di Lapangan banteng, Jakarta Pusat, Minggu, 14 Agustus 2016. ( Foto: Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / CAH Minggu, 14 Agustus 2016 | 17:48 WIB

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat dua kali berturut-turut hadir membuka kegiatan Lebaran Betawi yang dilaksanakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Pada hari pertama, Sabtu (13/8), Djarot hadir bersama mantan Menteri Koordinator Maritim Rizal Ramli yang digelar oleh Badan Musyarawah (Bamus) Betawi. Kemudian, hari ini, Djarot pun kembali hadir membuka acara Lebaran Betawi yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI.

Dalam kedua acara tersebut, Djarot tak henti-hentinya mengingatkan warga Betawi turut menjaga persatuan dan kesatuan Kota Jakarta. Apalagi, warga Betawi yang tinggal di Jakarta sudah mencapai 27,6 persen.

Sebagai Ibu Kota yang terdapat banyak suku, agama dan ras, kota megapolitan ini rawan terjadinya perpecahan.

“Budaya Betawi itu terkenal dengan budaya toleran, cinta pada lingkungan dan mengeratkan tali silahturahim. Karena itu, mari kita wujudkan budaya Betawi dalam kerja dan tindakan nyata untuk benar-benar menjunjung tinggi toleransi dan perbedaan,” kata Djarot di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu(14/8).

Dia juga mengimbau seluruh masyarakat Betawi bersama dengan masyarakat Jakarta lainnya untuk setop saling mencaci, memaki dan menyalahkan satu sama lain. Kemudian bahu membahu membangun DKI Jakarta menjadi Jakarta baru yang bersih dan maju.

“Situasi politik sudah agak menghangat, kami mohon bantuan masyarakat Betawi dan masyarakat Jakarta lainnya untuk menciptakan suasana Jakarta yang aman, nyaman, damai dan saling harga menghargai, serta tidak terjebak dalam politik praktis, tetapi dapat mewujudkan cita-cita bersama yakni membangun Jakarta baru yang bersih dan maju,” tuturnya.

Ditegaskannya, Pemprov DKI yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bersama dirinya, sangat peduli terhadap keberadaan budaya Betawi. Salah satu bentuk kepedulian adalah pelestarian budaya Betawi di Jakarta.

"Banyak hal kita kerjakan secara kongkret, soal Perda Pelestarian Budaya Betawi misalnya, terus kita usahakan kita instruksikan agenda di balaikot (Balaikota DKI Jakarta)harus ada makanan khas betawi‎," terangnya.

Hadir dalam Lebaran Betawi hari ini Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi, Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana (Lulung), Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik dan artis Ahmad Dhani.

Sumber: BeritaSatu.com