Perkuat Sistem Informasi Pendidikan

Dukung Smart City, Bogor Kembangkan SIP Tapcash BNI

Dukung Smart City, Bogor Kembangkan  SIP Tapcash BNI
Ilustrasi Smart City ( Foto: berita satu / IST )
Imam Suhartadi / IS Jumat, 9 September 2016 | 21:00 WIB

Bogor - Dalam mendukung program Smart City, selain nilai pariwisata melalui Golf, Bogor meningkatkan kualitas sistem pendidikan dengan melakukan kerjasama dengan PT Proyek Enam Media sebagai pengembang Sistem Informasi Pendidikan.

“Sistem Informasi Pendidikan yang bekerjasama dengan Bank BNI ini, berinovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan infrakstruktur sekolah lebih terstruktur, tersistematis, terintegrasi dan transparan,” kata Benny Wibowo selaku Direktur Utama PT Proyek Enam Media pengembang Applikasi SIP TapCash BNI dalam keterangan tertulisnya, Jumat (9/9).

Sistem ini memudahkan akses informasi atas berjalannya aktivitas dalam sekolah bagi semua lini yaitu orangtua, siswa, komite sekolah sampai dengan Kementrian Pendidikan Nasional.

Sistem ini memungkinkan Diknas untuk memonitoring pergerakan sekolah di setiap daerahnya masing – masing seperti manajemen akademik, manajemen keuangan, manajemen kepustakaan, sampai dengan manajemen kepegawaian satu sekolah secara realtime dan transparan.

“Sistem ini sudah berjalan di Makasar dengan penerapan Makasar Smart Card, dengan meluncurkan 312.000 Kartu Pintar beberapa waktu lalu,” katanya.

Sistem Informasi Pendidikan dengan nama SIP Tapcash BNI ini tidak memungut biaya untuk sekolah alias GRATIS, sampai dengan pengadaan kartu , RFID Reader guna berjalannya sistem ini. Sistem kerja dari SIP Tapcash BNI ini menggunakan kartu siswa sebagai alat transaksi dan media penginputan dan penyimpanan data.

Orangtua menerima notifikasi atas aktivitas anak di sekolah secara realtime melalui SMS, saat anak menggunakan kartu siswa dalam kegiatan sehari – harinya, mulai dari SMS kehadiran siswa, SMS kepulangan siswa, SMS transaksi jajan di kantin, SMS notifikasi peminjaman buku di Perpustakaan di sekolah, sampai dengan SMS notifikasi penerimaan pembayaran SPP bulanan.

Selain itu komunikasi antara sekolah dan orangtua dapat lebih efisien tanpa menggunakan kertas lagi. Dia mencontohkan undangan rapat , hasil nilai ulangan siswa, dapat diterima realtime oleh orangtua melalui notifikasi SMS.

Sekolah dapat berkembang jauh lebih baik, efisiensi secara biaya, dan Orangtua dapat mengetahui aktivitas anak di sekolah realtime dan transparan.

PT Proyek Enam Media bisa jadi hanya satu dari sekian banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama. Namun kami selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan klien kami. Di samping itu kami terus mengembangkan diri selaras dengan kemajuan teknologi digital.

Wisata Golf

Sebagai kabupaten yang memiliki jumlah terbesar dari Lapangan Golf di Indonesia, Bogor menjadi salah satu tujuan menarik karena didukung oleh kualitas standar internasional golf dan cukup menantang .

Dengan posisi yang strategis secara geografis yang dekat dengan ibu kota dan bandara internasional . Didukung juga oleh fasilitas yang cukup dari akomodasi hotel dan restoran . Oleh karena itu telah dinyatakan Bogor sebagai tujuan Golf di dunia bertepatan dengan ulang tahun Bogor.

Selain meningkatkan Bogor sebagai tujuan wisata karena Lapangan Golf nya, kini Bogor berinovasi sebagai Smart City , dengan didukung oleh 2 Perusahaan penyedia IT Solusi yaitu PT Golf Raya Media sebagai pengembang aplikasi live scoring pertama di Indonesia dengan nama SixGolfer, dan PT Proyek Enam Media sebagai pengembang Sistem Informasi Pendidikan dengan nama Applikasi SIP TapCash BNI.

SixGolfer memberikan kemudahan bermain di lapangan pilihan hanya dengan TAP dalam genggaman. Sejauh ini SIxGolfer sudah menangani lebih dari 10 lapangan yaitu Bogor Golf Club, Emeralda Golf Course, Gunung Geulis Country Club, Jagorawi Golf Country Club, Klub Golf Bogor Raya, Palm Hill Golf Club, Permata Sentul Golf, Rainbow Hills Mountain Club, Rancamaya Golf Country Club, Riverside Golf Club, dan Sentul Highland Golf Club.

“Aplikasi ini memudahkan untuk para pemain Golf melakukan reservasi secara online, dengan keuntungan pemotongan harga reservasi sampai dengan 25% dari harga publik,” kata Direktur Utama PT Golf Raya Media pengembang Applikasi SixGolfer, Indra Padmanegara.

Keunggulan applikasi Sixgolfer yaitu realtime reservation, no annual fee, no admin fee, ticket tournament, tournament handling, dan golf tour.



Sumber: Investor Daily