Logo BeritaSatu

Didatangi Sandiaga, Warga Pulogadung Keluhkan Pasar Sepi dan Tumpukan Sampah

Sabtu, 3 Desember 2016 | 18:00 WIB
Oleh : Carlos Roy Fajarta / FMB

Jakarta - Kedatangan Calon Wakil Gubernur nomor urut tiga dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, Sandiaga Salahuddin Uno ke Kampung Bulak Baru, RW03 Kelurahan Pulogadung, Jakarta Timur pada Sabtu (3/12) disambut keluhan oleh sejumlah pedagang maupun warga sekitar.

Para pedagang yang kebanyakan berjualan di lantai dua dan tiga di Pasar Tradisional Pulogadung mengeluhkan omset dagangan mereka yang sepi di lantai dua dan tiga.

Sedangkan warga Kampung Bulak meminta agar tumpukan sampah yang biasa menumpuk di depan permukiman mereka untuk lebih cepat diangkut oleh petugas kebersihan.

Sari Hayati (36) salah seorang pedagang pakaian di lantai tiga mengaku selama 20 tahun berjualan di pasar yang lokasinya tidak jauh dari Terminal Bus Pulogadung itu.

"Di sini sepi pembelinya Pak Sandi, kalau hari biasa dan belum musimnya bisa jual baju dua sampai tiga potong saja kita sudah bersyukur. Soalnya biasanya malah gak ada penglaris seharian," ujar Sari, Sabtu (3/12) sore.

Ia juga berharap siapapun pemimpin yang terpilih memimpin ibukota Jakarta 2017-2022 untuk memperhatikan kondisi fisik dari pasar tradisional yang belum direvitalisasi dan sering mengalami kebocoran maupun saluran air yang mampet.

"Kalau di bangun ulang pasti nanti harga sewanya jadi mahal, padahal yang sangat dibutuhkan pedagang itu supaya talang atap tidak bocor dan saluran air tidak menggenang jika hujan deras," tambahnya.

Keluhan juga disampaikan oleh Hasmadah (50), warga Jalan Palad, Kampung Bulak Baru, RT02/RW03, Kelurahan Pulogadung.

Ia meminta agar jumlah truk sampah untuk mengangkut sampah di Tempat Penampungan Sampah (TPS) yang tidak jauh dari permukiman mereka ditambah frekuensinya agar material sampah lebih cepat diangkut.

"Di depan itu sampah masak cuman tiga hari sekali diangkutnya, itupun sampahnya sudah hampir semeter lebih menumpuknya. Sudah bikin bau, warga di sekitar juga rentan terserang penyakit," katanya.

Diberondong pertanyaan warga itu, Sandiaga Uno mengaku akan melakukan perombakan susunan pedagang di seluruh pasar tradisional di bawah PD Pasar Jaya jika ia dipercaya warga DKI menjadi Wagub bersama Anies Rasyid Baswedan sebagai Gubernur.

"Susunan pedagang di pasar tradisional akan kita rubah secara permanen di mana para pedagang kebutuhan pokok sehari-hari yang fresh seperti sayuran, ayam, ikan, daging sapi termasuk sembako itu akan ditempatkan di lantai teratas agar pedagang di lantai bawahnya memiliki kesempatan untuk mendapatkan kunjungan pembeli," ujar Sandiaga Uno.

Namun agar efektif bisa berlaku, Sandiaga Uno melihat harus ada konsistensi dimana para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menjual sembako di pinggir jalan dekat pasar tradisional juga harus ditertibkan agar tidak menghambat usaha para pedagang pasar sembako yang sudah pindah di lantai teratas.

"Sekarang ini banyak pasar yang masih sepi di lantai teratasnya meski sembako sudah ditempatkan di posisi atas karena PKL yang menjual komoditas sehari-hari itu ada juga di pinggir jalan dekat pasar. Hal ini yang harus ditertibkan dengan konsisten," katanya.

Perihal masalah sampah yang menggunung, Sandi Uno mengaku akan terus menambah jumlah armaga truk sampah di Dinas Kebersihan DKI Jakarta ditambah dengan optimalisasi pengurangan antrian di TPST Bantar Gebang.

"Truk pasti kita tambah jumlahnya agar bisa mengcover sampah yang dihasilkan oleh warga ibukota, tapi itu dibarengi dengan kesadaran pola hidup masyarakat untuk bisa membangun bank sampah atau setidaknya mengurangi produksi sampah," lanjut Sandiaga Uno.

Ia juga percaya jika konsep bank sampah, optimalisasi PPSU sebagai pengusaha sampah, dan penerapan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) maka produksi sampah di ibukota Jakarta bisa berkurang lebih dari 20%.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KTT G-20, Relokasi PLTG Grati ke Bali Tuntas Akhir Oktober

PLN menargetkan relokasi PLTG Grati ke Bali selesai akhir Oktober sebagai bentuk dukungan untuk KTT G-20.

NEWS | 6 Oktober 2022

Dirut LIB Tersangka Tragedi Kanjuruhan Pernah Jadi Terlapor Kasus Rumah Judi

Salah satu tersangka tragedi Kanjuruhan, Dirut Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita sebelumnya sempat jadi terlapor di kasus rumah judi

NEWS | 6 Oktober 2022

Jadi Tersangka, Dirut PT LIB Sempat Sesalkan Tragedi Kanjuruhan

Salah satu pihak yang ditetapkan sebagai tersangka pada tragedi Kanjuruhan yakni Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita

NEWS | 6 Oktober 2022

Kapolri: Ini Penyebab Banyak Korban pada Tragedi Kanjuruhan

Kapolri menyebutkan banyak korban tewas pada tragedi Kanjuruhan karena pintu stadion terkunci dan tidak ada petugas yang berjaga.

NEWS | 6 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Polisi Tetapkan 6 Tersangka

Sebanyak enam orang telah ditetapkan sebagai tersangka terkait tragedi Kanjuruhan pascakericuhan di Stadion Kanjuruhan

NEWS | 6 Oktober 2022

Komnas Perempuan: Pencegahan KDRT Harus Dilakukan secara Sistematik

Komnas Perempuan untuk melakukan pencegahan terhadap kekerasan dalam rumah tangga KDRT harus dilakukan secara sistematik

NEWS | 6 Oktober 2022

Perkara Korupsi Helikopter AW-101 Tunggu Jadwal Sidang

Perkara dugaan korupsi Helikopter AW-101 kini tinggal menunggu jadwal untuk disidangkan. 

NEWS | 6 Oktober 2022

Jelang Puncak G-20, Mendagri Tinjau Pembangunan TPST Kesiman Kertalangu

Mendagri berharap, pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu rampung pada akhir Oktober 2022.

NEWS | 6 Oktober 2022

Kemenag: Moderasi Beragama di Indonesia Dilirik Bangsa Lain

Kemenag menyatakan, saat ini moderasi beragama yang dipraktikkan oleh Indonesia telah dilirik oleh bangsa asing sebagai solusi mempererat keberagaman.

NEWS | 6 Oktober 2022

BPBD: 17 Jalan Tergenang dan 41 RT Terdampak Banjir Jakarta

Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyatakan, sebanyak 17 ruas jalan tergenang dan 41 RT terdampak banjir Jakarta

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KTT G-20, Relokasi PLTG Grati ke Bali Tuntas Akhir Oktober

KTT G-20, Relokasi PLTG Grati ke Bali Tuntas Akhir Oktober

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings