Logo BeritaSatu

Ini Tugas dan Pekerjaan dari Konsultan Pajak

Jumat, 18 Desember 2020 | 07:00 WIB
Oleh : YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Konsultan Pajak membantu klien mereka menghemat uang dengan membuat keputusan keuangan yang bijak tentang masalah terkait pajak. Mereka mewawancarai klien untuk mengumpulkan informasi tentang situasi keuangan mereka dan menyusun strategi untuk membantu mereka mengurangi kewajiban pajak dengan mengambil keuntungan dari kredit dan pemotongan pajak.

Konsultan Pajak memastikan klien mereka memenuhi kewajiban perpajakan mereka dan mengikuti hukum.
Tanggung jawab pekerjaan spesifik apa yang dilakukan Konsultan Pajak? Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang tugas pekerjaan para profesional dan tanggung jawab sehari-hari sebagai Konsultan Pajak.

Apa yang Dilakukan Konsultan Pajak?
Bagian ini membahas beberapa tugas yang dilakukan Konsultan Pajak setiap hari dan apa yang diperlukan untuk berhasil di lapangan. Tugas pekerjaan khusus dan area fokus berbeda menurut posisi. Konsultan Pajak terbaik senang memecahkan masalah dan bekerja dengan orang-orang, menunjukkan akurasi dan kejujuran dalam pekerjaan mereka.

Konsultan Pajak membantu klien dengan berbagai masalah terkait pajak. Terutama, mereka memastikan klien mematuhi peraturan dan regulasi pajak. Mereka juga menggunakan keahlian dan pengetahuan mereka tentang pajak di Indonesia untuk membantu individu dan bisnis membayar hutang mereka. Para profesional ini membantu individu dan organisasi meminimalkan kewajiban pajak dengan mengurangi pendapatan kena pajak mereka dan mengambil keuntungan dari semua penyesuaian, pengurangan, dan kredit pajak yang berlaku.

Beberapa Konsultan Pajak berspesialisasi dalam bidang hukum pajak yang sempit, sementara yang lain mengambil pendekatan umum.

Konsultan Pajak sering kali menyiapkan pengembalian pajak untuk klien, atau mereka memberikan informasi dan saran untuk membantu klien mengisi pengembalian pajak mereka sendiri. Mereka menjawab pertanyaan klien, membantu mereka mempersiapkan situasi perpajakan di masa depan, dan menganalisis informasi untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan pemerintah.

Para profesional ini mungkin memeriksa pekerjaan orang lain untuk mendeteksi kesalahan dalam persiapan pajak. Kompleksitas hukum dan logistik dari situasi klien sangat bervariasi. Beberapa Konsultan Pajak berspesialisasi dalam bidang hukum pajak yang sempit, sementara yang lain mengambil pendekatan umum.

Layanan Konsultan Pajak dapat membantu orang menangani masalah konkret seperti mendirikan perwalian, mengelola pajak dari pendapatan sewa, dan memahami implikasi pajak dari kelahiran, kematian, perceraian, pernikahan, dan peristiwa kehidupan lainnya.

Konsultan Pajak harus memiliki keterampilan yang kuat dalam komunikasi, pemikiran kritis, dan pemecahan masalah yang kompleks. Karena Konsultan Pajak bekerja dengan publik, mereka juga membutuhkan kemampuan interpersonal dan layanan pelanggan yang sangat baik. Mereka harus tahu bagaimana mendengarkan orang untuk memahami situasi keuangan mereka dan jenis bantuan apa yang mereka butuhkan. Mereka harus mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan jelas.

Sebagai contoh, Hadi & Partners Tax and Management Consultant adalah salah satu Konsultan Pajak yang juga memiliki keahlian dalam hal akunting perusahaan. Apa saja yang dilakukan konsultan pajak?

Dalam kesehariannya, Konsultan Pajak seperti Hadi & Partners Tax and Management Consultant akan mendatangi klien dan meihat apa yang bisa dilakukan untuk mengatur perpajakan perusahaan klien. Di Indonesia, perpajakan bukanlah hal sederhana dan harus ditangani oleh orang yang ahli dalam hukum perpajakan.

Untuk siapakah Konsultan Pajak Diperuntukkan?
Konsultan Pajak adalah kebutuhan bagi perusahaan baru maupun perusahaan yang sudah maju. Perpajakan adalah urusan yang terus berlangsung secara kontinu dan oleh karenanya selalu membutuhkan panduan dari pakar untuk bisa mengaturnya dengan baik.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menpora Yakin PBSI Bisa Atasi Kisruh Antara Kevin dengan Herry IP

Menpora yakin PBSI dapat mengatasi kisruh antara pemain ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo dan pelatihnya Herry Iman Pierngadi.

NEWS | 27 September 2022

P2G Desak Pemerintah Beri Afirmasi kepada 1,6 Juta Guru

P2G mendesak Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim memberikan afirmasi kepada 1,6 juta guru yang belum mendapat tunjangan profesi guru.

NEWS | 27 September 2022

Ternyata, Ini Isi Koper Mencurigakan di Depan Polda Metro Jaya

Polisi memastikan koper mencurigakan di kawasan depan Polda Metro Jaya bukan berisi benda berbahaya. Ternyata, koper itu milik anggota polisi berisi pakaian.

NEWS | 27 September 2022

Anies Capres, Ini Cawapres dari PKS, Demokrat, dan Nasdem

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal diusung sebagai capres di Pilpres 2024 oleh koalisi Partai Nasdem, Demokrat, dan PKS

NEWS | 27 September 2022

Kasus Suap, Hakim Itong Isnaeni Dituntut 7 Tahun Penjara

Jaksa KPK menuntut Hakim Itong Isnaeni Hidayat, hakim nonaktif PN Surabaya dihukum 7 tahun penjara atas perkara dugaan suap penanganan perkara.. 

NEWS | 27 September 2022

Mantan Panglima OPM Minta Lukas Enembe Penuhi Pemeriksaan KPK

Mantan Panglima OPM Lambert Pekikir menyorot mangkirnya Gubernur Papua Lukas Enembe dari pemeriksaan KPK.

NEWS | 27 September 2022

Puan Minta Ahmadi Noor Supit Buat Gebrakan Tingkatkan Kinerja BPK

Ketua DPR, Puan Maharani berharap anggota BPK terpilih, Ahmadi Noor Supit membuat gebrakan untuk meningkatkan kinerja BPK dalam mencegah kerugian negara.

NEWS | 27 September 2022

KLHK Proses 1.308 Kasus Pencemaran Lingkungan Hidup ke Pengadilan

KLHK telah memproses 1.308 kasus pencemaran lingkungan hidup baik pidana dan perdata hingga ke pengadilan dalam beberapa tahun terakhir.

NEWS | 27 September 2022

KPU Tak Perpanjang Masa Perbaikan Dokumen Parpol

KPU memastikan tidak akan memperpanjang waktu perbaikan dokumen pendaftaran partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024

NEWS | 27 September 2022

Keluarga Yakin Mahsa Amini Disiksa Polisi Susila Iran sebelum Tewas

Keluarga Mahsa Amini yang meninggal dalam tahanan Iran meyakini, wanita berusia 22 tahun itu meninggal setelah mendapat penyiksaan dari polisi susila.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PDIP Jelaskan Wajah Kesal Puan Saat Bagikan Kaus ke Warga

PDIP Jelaskan Wajah Kesal Puan Saat Bagikan Kaus ke Warga

NEWS | 57 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings