Kasus Bahar bin Smith, Polisi Telah Periksa Saksi Ahli

Kasus Bahar bin Smith, Polisi Telah Periksa Saksi Ahli
Bahar bin Smith. ( Foto: Antara / Rivan Awal Lingga )
Bayu Marhaenjati / WBP Jumat, 7 Desember 2018 | 17:48 WIB

Jakarta- Penyidik Polda Metro Jaya terus mendalami kasus dugaan tindak pidana ujaran kebencian serta penghapusan diskriminasi ras dan etnis yang diduga dilakukan Bahar bin Smith. Hingga saat ini sudah ada lima saksi, termasuk ahli yang diperiksa.

"Sudah memeriksa sejumlah saksi, ada sekitar lima saksi lebih yang diperiksa. Ahli juga sudah diperiksa," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Jumat (7/12).

Menyoal apakah penyidik Polda Metro Jaya juga akan menetapkan Bahar sebagai tersangka sama seperti penanganan kasus di Bareskrim Mabes Polri, Argo menyampaikan, setiap penetapan tersangka ada mekanismenya.

"Kita tidak bisa terus ikut-ikutan ya (menetapkan tersangka). Semuanya sesuai fakta hukum di lapangan. Tentunya kita nanti evaluasi apakah pemeriksaan sudah dilakukan. Tersangka belum kita putuskan dan tentukan, semua lewat mekanisme," ungkapnya.

Diketahui, Ketua Cyber Indonesia Muannas Alaidid melaporkan Bahar dengan nomor laporan polisi: TBL/6519/XI:2018/PMJ/Ditreskrimsus, tanggal 28 November 2018, terkait Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 A ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang  Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan Pasal 4 huruf b angka 2 Juncto Pasal 16 UU RI Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, dan Pasal 207 KUHP, dengan ancaman pidana lebih dari 5 tahun penjara.

Muannas melaporkan Bahar terkait pernyataannya dalam ceramah yang menghina dan merendahkan Presiden Joko Widodo dengan menyebut antara lain, "Kalau kamu ketemu Jokowi, kamu buka celananya itu, jangan-jangan haid Jokowi itu, kayaknya banci itu."



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE