Hari ini, Hadir Empat Rute Integrasi Transjakarta di Dukuh Atas

Hari ini, Hadir Empat Rute Integrasi Transjakarta di Dukuh Atas
Ilustrasi jalur bus Transjakarta. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / JAS Jumat, 15 Maret 2019 | 11:47 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Untuk mendukung Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta yang akan segera dioperasikan secara komersial dan memudahkan warga mengakses stasiun MRT selama program uji coba publik yang akan berakhir pada 24 Maret 2019, PT Transjakarta menyediakan layanan Transjakarta di Kawasan Integrasi Dukuh Atas (KIDA).

Layanan Transjakarta di KIDA tersebut adalah dengan menyediakan empat rute integrasi Transjakarta di Dukuh Atas. Tidak hanya penumpang MRT saja yang bisa menggunakan layanan ini, tetapi penumpang KRL Commuter Line dan Kereta Bandara (Railink) juga dapat menggunakannya untuk mencapai stasiun atau melanjutkan perjalanan mereka di pusat kota Jakarta ini.

Mulai hari ini, Jumat (15/3), empat rute integrasi Transjakarta di KIDA sudah dapat dinikmati oleh masyarakat. Dengan hanya membayar Rp 3.500 per orang, para penumpang MRT Jakarta, KRL Commuter Line serta KA Bandara sudah dapat menempuh perjalanan selanjutnya tanpa susah payah.

Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta, Agung Wicaksono mengatakan pihaknya turut senang, sebentar lagi MRT Jakarta akan segera beroperasi. Untuk mendukung operasi komersial MRT Jakarta semakin lancar, maka pihaknya menyediakan empat rute integrasi di KIDA.

“Saya dulunya turut dalam penyiapan MRT Jakarta sebagai Direktur Operasional MRT sebelum diangkat menjadi Dirut PT Transjakarta. Ketika saya melihat MRT beroperasi, saya melihat impian kita betul-betul terwujdu. Untuk itu, kehadiran MRT Jakarta harus didukung dengan adanya layanan integrasi dari Transjakarta,” kata Agung Wicaksono, Jumat (15/3).

Kenapa penting disiapkan layanan integrasi Transjakarta, lanjut Agung Wicaksono, dikarenakan nantinya ada lima moda transportasi publik di KIDA. Yaitu, MRT Jakarta, KA Bandara, KRL Commuter Line, LRT Jabodetabek dan Transjakarta sendiri.

“Karena itu kita bertekad untuk mendukung dengan membuat empat rute integrasi Transjakarta,” ujar Agung Wicaksono.

Keempat rute integrasi Transjakarta di KIDA ini sudah mendapat persetujuan dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI. Keempat rute ini telah mengantongi Surat Keputusan (SK) operasi trayek dari Dishub DKI. “Sudah terbit SK dari Dishub pada 11 Maret 2019 lalu. Sekarang kita operasikan. Mulai hari ini kita operasikan keempat rute tersebut,” terang Agung Wicaksono.

Sementara itu, Direktur Operaional Transjakarta, Daud Joseph mengatakan empat rute layanan yang terintegrasi antarmoda di kawasan Dukuh Atas ini adalah, Dukuh Atas - Sam Ratulangi (DA1), Dukuh Atas - Tanah Abang (DA2), Dukuh Atas - Kuningan (DA3), dan Dukuh Atas - Kota (DA4).

Keempat rute ini beroperasi mulai pukul 05.00 WIB - 22.00 WIB dengan total 12 bus Metrotrans yang beroperasi.

“Dukuh Atas, menjadi titik pertemuan lima moda transportasi, yakni MRT Jakarta, Transjakarta, LRT Jabodebek, Railink, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI). Jadi Ini adalah rute yang menghubungkan beberapa moda transportasi dalam suatu kawasan terpadup," kata Daud Joseph.

Untuk itu, Transjakarta memfasilitasi masyarakat melalui pembukaan rute yang terhubung dengan MRT Jakarta. “Kami berharap ini semakin membuat semangat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik dalam melakukan aktifitasnya,” ujar Daud Joseph.

Tidak berhenti di situ saja, lanjutnya, saat ini Transjakarta juga sedang mempersiapkan layanan dari Pondok Cabe melewati Stasiun MRT menuju Tanah Abang dengan tarif reguler sebesar Rp 3.500.