Ramyadjie Priambodo Puluhan Kali Bobol Data Nasabah Bank

Ramyadjie Priambodo Puluhan Kali Bobol Data Nasabah Bank
Ilustrasi ATM ( Foto: Beritasatu Photo/David Gita Roza )
Bayu Marhaenjati / YUD Senin, 18 Maret 2019 | 21:30 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tersangka Ramyadjie Priambodo alias RP, ternyata telah puluhan kali menjalankan aksi kejahatan membobol data nasabah bank dengan modus skimming di mesin ATM. Guna mengaburkan identitas yang bersangkutan kerap berpura-pura menjadi perempuan mengenakan kerudung ketika beraksi.

"Setelah kita ungkap semua bahwa pelaku ini sudah 50-an kali tarik-tarik ATM (bobol data nasabah bank dengan modus skimming). Barang bukti uang ada Rp 300 juta," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Senin (18/3/2019).

Dikatakan Argo, kasus ini bermula ketika Polda Metro Jaya menerima laporan terkait kejahatan skimming dari salah satu bank swasta.

"Laporan itu hal yang biasa bukan istimewa ya, itu biasa menerima laporan. Kemudian, setelah dilakukan penyelidikan kita mendapatkan seorang tersangka berinisial RP, usia 37 tahun. Dia ditangkap di apartemen, di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, tanggal 26 Februari," ungkapnya.

Argo menyampaikan, penyidik menyita barang bukti satu mesin ATM (offline), kartu ATM polos berisi data nasabah, laptop, serta kartu ATM salah satu bank, ketika melakukan penggeledahan di rumah tersangka, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Juga ada HP, juga ada masker, dan ada juga kerudung seperti hijab. Dia menggunakannya saat mengambil ATM di daerah Tangerang dan Jakarta Selatan. Dia menggunakan itu kayak perempuan, sehingga kalau dilihat dari CCTV seperti perempuan," katanya.

Menurut Argo, penyidik sudah melakukan penahanan terhadap yang bersangkutan. Hingga saat ini, penyidik masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada Ramyadjie. "Saya belum dapat info (dipakai apa uang hasil kejahatan). Kita tunggu bagaimana penyidik," tandasnya.

Diketahui, penangkapan Ramyadjie Priambodo terkait kasus pembobolan ATM pakai modus skimming sempat viral di media sosial. Kabar pengungkapan kasus itu ramai dibicarakan warganet karena Ramyadjie disebut-sebut merupakan keponakan atau kerabat Prabowo Subianto.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, Ramyadjie bukan keponakan langsung prabowo, melainkan diduga kerabat jauh. Bahkan, dia tidak tahu siapa yang bersangkutan dan silsilah keluarganya.

Lihat video:



Sumber: BeritaSatu.com