Banjir di Lokasi Pembangunan LRT, Anies Panggil Adhi Karya

Banjir di Lokasi Pembangunan LRT, Anies Panggil Adhi Karya
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau lokasi banjir di Pancoran dan Cawang, Kamis, 4 April 2019. ( Foto: Beritasatu.com/Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / WBP Kamis, 4 April 2019 | 11:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan memanggil PT Adhi Karya, selaku kontraktor kerata api ringan (light rail transit/LRT) Jabodetabek menyusul banjir di sekitar lokasi pembangunan di Pancoran, Jakarta Selatan dan Cawang, Jakarta Timur. Selain memberikan peringatan keras, pemanggilan akan dilakukan untuk mengevaluasi semua proyek PT Adhi Karya yang berada di Provinsi DKI Jakarta.

“Nanti kita akan panggil lagi Adhi Karya. Untuk mereview semua proyek-proyek mereka,” kata Anies saat meninjau lokasi banjir di kawasan Flyover Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

Selain di Pancoran dan Cawang, Anies mengatakan, masih ada proyek Adhi Karya, yang terindikasi mengalami permasalahan sama yakni pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Di proyek itu, saluran air tertutup dengan tiang-tiang jalan tol. Bila tidak disiapkan saluran penggantinya, dikhawatirkan ketika hujan deras akan banjir. “Ada satu lagi di Becakayu yang situasinya sama dengan Pancoran dan Cawang. Salurannya tertutup langsung dengan pilar, dan tidak disiapkan saluran penggantinya. Ini tidak boleh terjadi,” ujar Anies Baswedan.

Menurut Anies Baswedan, selain terhalang tiang LRT, saluran air juga tertutup akibat penggalian tanah. Sudah sepertiga saluran air di sekitar lokasi konstruksi, tertutup lumpur. “Ini harus segera dibersihkan. Meski kita memompa air keluar dengan kuat, tetapi kalau lubang saluran sudah tertutup lumpur, ya apalah artinya memompa. Tugasnya (PT Adhi Karya) bukan memompa air, tugasnya meniadakan genangan. Itu tugasnya,” tegas Anies Baswedan.

Seperti diketahui, hujan deras Rabu (3/4/2019) sore membuat beberapa kawasan di DKI Jakarta banjir. Dampaknya, kemacetan cukup parah tak terelakkan. Untuk itu, pagi ini, Kamis (4/4/2019), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau beberapa lokasi banjir. Dengan mengenakan pakaian dinas harian (PDH) berwarna putih, Anies didampingi Asisten Sekretraris Daerah DKI bidang Pembangunan, Yusmada Faizal mengunjungi dua lokasi banjir yakni flyover di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan dan flyover di Cawang, Jakarta Timur.



Sumber: BeritaSatu.com