Hal Ini Sebabkan Gerbang Pembayaran MRT Error

Hal Ini Sebabkan Gerbang Pembayaran MRT Error
Sejumlah warga mengikuti uji coba publik pengoperasian MRT (Mass Rapid Transit) fase I koridor Lebak Bulus - Bundaran HI di Jakarta, Selasa 12 Maret 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao. / SP/Joanito De Saojoao. )
Oktaviana Maria / ANA Kamis, 4 April 2019 | 16:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gerbang pembayaran Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta sempat mengalami kerusakan atau error sejak hari pertama hingga hari ketiga diberlakukan operasi secara komersial atau berbayar. Sebagian besar gerbang pembayaran yang mengalami error terjadi di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Head Coorporate Secretary PT MRT Jakarta Kamaluddin menjelaskan kerusakan diakibatkan oleh penumpang MRT yang melakukan tap in dan tap out di stasiun yang sama. Misalnya, penumpang yang berangkat dari Stasiun Bundaran HI menuju Lebak Bulus harusnya melakukan tap out di Stasiun Lebak Bulus. Jika ingin kembali lagi ke Stasiun Bundaran HI maka penumpang harus melakukan tap out terlebih dahulu di Stasiun Lebak Bulus.

"Menggunakan MRT ini untuk bolak-balik. Dari Bundaran HI ke Lebak Bulus kemudian balik lagi ke Bundaran HI. Yang dimasalahkan sampai di Lebak Bulus tidak tap out dulu. Padahal ini untuk suatu perjalanan kita perlu mencatat data dengan baik pergerakan penumpang" ujar Kamaluddin.

Kamaluddin mengatakan tap in dan tap out di stasiun yang sama membuat sistem di gerbang pembayaran menemukan adanya penyimpangan. Penyimpangan tersebut yang mengakibatkan gerbang pembayaran mengalami error atau rusak.

"Jadi kalau dari Bundaran HI ke Lebak Bulus tanpa tap out, lalu tap out di Bundaran HI sistem kami akan menemukan anomali (penyimpangan) karena ada yang keluar dari Bundaran HI setelah tap in dalam waktu satu jam misalkan, satu jam tidak keluar-keluar lagi kemudian keluar lagi di stasiun yang sama. Ini menyebabkan error di sistem kami" ucap Kamaluddin.

Lihat Video:



Sumber: BeritaSatu TV