Pembebasan Lahan Normalisasi Ciliwung Harus Selesai Tahun Ini

Pembebasan Lahan Normalisasi Ciliwung Harus Selesai Tahun Ini
Normalisasi sungai terus digeber Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. ( Foto: Biro Humas DKI Jakarta )
Erwin C Sihombing / FMB Jumat, 5 April 2019 | 10:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah berharap pembebasan lahan untuk melanjutkan program normalisasi yang disampaikan pelaksana tugas (Plt) Kadis SDA DKI Yusmada Faizal bisa diselesaikan tahun ini.

"Kalau bisa semuanya bisa dibebaskan agar bisa kita selesaikan, terlebih sudah setahun belakangan program itu tidak berjalan," kata Bambang Hidayah, di Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Pengerjaan normalisasi baru mencapai 19 km panjang sungai dari rencana 33,69 km. Sisanya masih terhambat karena masalah pembebasan lahan. Yusmada, yang juga menjabat sebagai Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup DKI memastikan bakal membebaskan lahan di Ciliwung dan Pesanggrahan.

Bambang Hidayah menyatakan pihaknya sangat siap untuk melanjutkan program normalisasi untuk memulihkan fungsi sungai agar mampu menampung debit hujan. Dampaknya sudah terasa di beberapa tempat yang biasa langganan banjir menjadi aman.

Pemprov DKI sudah berhasil membebaskan sekitar 4 hektare lahan untuk normalisasi pada 2018. Namun masih dibutuhkan pembebasan lahan lebih panjang untuk mengejar ketinggalan normalisasi panjang sungai sekitar 15 km lagi.



Sumber: Suara Pembaruan