Warga Depok Antusias Sambut Perekaman KTP Elektronik

Warga Depok Antusias Sambut Perekaman KTP Elektronik
Suasana perekaman KTP elektronik di Kota Depok, Jawa Barat. ( Foto: Suara Pembaruan/Bhakti Hariani )
Bhakti Hariani / CAH Sabtu, 6 April 2019 | 11:01 WIB

Depok, beritasatu.com - Upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kota Depok menaikkan jumlah target perekaman e-KTP membuahkan hasil. Berkat inovasi jemput bola kini jumlah warga Depok yang telah melakukan perekaman e-KTP  jelang Pemilu Presiden dan Legislatif pada 17 April mendatang terus meningkat.

Kepala Disdukpencapil Kota Depok Misbahul Munir menuturkan, upaya jemput bola perekaman e-KTP ini merupakan inovasi pelayanan terintegrasi. Cara ini diyakini efektif untuk meningkatkan target perekaman.

"Kami mendatangi sekolah seperti SMA dan SMK, kami juga menyambangi pondok pesantren dan juga membuka diri untuk pelayanan perekaman di hari Sabtu dan Minggu," kata Munir, Sabtu (6/4/2019).

Tentang peningkatan jumlah warga yang melakukan perekaman KTP elektronik, Kepala Seksi Identitas Penduduk Disdukpencapil Kota Depok Jaka Susanta menuturkan, jumlah perekaman data KTP elektronik pada periode Januari-Februari 2019 mencapai 1.333.369 orang atau meningkat 1,59 persen dari target yang ditetapkan yakni lebih kurang 1.312.216 orang.

"Kami telah berhasil melampaui target 1,59 persen atau 21.053 orang pemilih untuk pemilu presiden dan legislatif," ujar Jaka di Depok, Jawa Barat.

Diungkap Jaka, jumlah ini masih bisa bertambah karena masih ada pemilih baru yang belum terekam datanya. Disdukpencapil tetap terus menggenjot angka perekaman dengan sejumlah terobosan. Utamanya bagi pemilih pemula.

Salah satu cara yang dilakukan, kata Jaka, adalah dengan mendatangi sekolah SMA dan SMK, menyambangi pondok pesantren dan juga mereka yang berada di dalam lembaga pemasyarakatan.



Sumber: Suara Pembaruan