Lelaki di Bogor Hina Jokowi karena Bela Rizieq Syihab

Lelaki di Bogor Hina Jokowi karena Bela Rizieq Syihab
Kapolres Bogor, AKBP Dicky Pastika. ( Foto: Youtube )
Vento Saudale / JAS Minggu, 7 April 2019 | 08:31 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Polres Bogor menjerat dua lelaki berinisial S dan B, terkait video viral di lini masa yang menghina Presiden Jokowi di pinggiran jalan wilayah Cileungsi, Kabupaten Bogor, dengan pasal ujaran kebencian. Alasan keduanya menghina untuk membela Rizieq Syihab.

Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar AM Dicky Pastika mengatakan, kedua pria dalam video penghinaan kepada Jokowi tersebut diketahui merupakan anggota dari organisasi masyarakat Front Pembela Islam alias FPI.

"Keduanya anggota FPI. Pelaku S berperan sebagai yang merekam dan pelaku B yang berorasi menghina Jokowi di pinggir jalan," kata Dicky mengonfirmasi Beritasatu.com, Minggu (7/4/2019).

Berdasarkan pemeriksaan, kedua pelaku mengakui sengaja membuat video penghinaan tersebut karena alasan untuk membela guru besarnya yakni Rizieq Syihab.

"Pelaku S merekam pelaku B sambil menghina presiden. Kemudian disebar ke grup WhatsApp. Alasannya untuk membela gurunya (Rizieq Syihab) atas kehendak mereka sendiri," jelas Dicky.

Atas perbuatannya, kedua pelaku diancam Pasal 45 ayat (3) UU RI No 19 tahun 2016 tentang perubahan UU No 11/2008 dan atau Pasal 45A ayat (2) dan atau Pasal 14 ayat (1) UU No 1/1946 tentang peraturan hukum pidana dan atau Pasal 157 ayat (1) KUHP tantang Ujaran Kebencian Terhadap Golongan dengan ancaman paling lama 2 tahun.

"Sekarang masih dalam penyelidikan lebih lanjut di Polres Bogor. Barang bukti yang kami sita ada dua ponsel kedua pelaku saat beraksi," tuturnya.

Sebelumnya, beredar video viral di media sosial terkait seorang pria yang menghina Presiden Joko Widodo di daerah Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat 5 April 2019.

Dalam video berdurasi 39 detik itu memperlihatkan seorang pria berkumis mengenakan penutup kepala hitam berdiri di pinggir jalan raya. Dengan membawa secarik kertas bertuliskan, "Hei Jokowi Rakyat Sudah Muak dan Jijik Sama Lu", pria tersebut terus menerus menghina Jokowi ke arah pengendara yang melintas.

"Jokowi ..., babu Cina, PKI," teriak pria itu dalam video.

Tidak sampai di situ, terdengar pula suara pria lainnya yang diduga sedang merekam mengarahkan pengendara memilih capres 02 Prabowo Subianto. Meski demikian, para pengendara yang melintas tampak tidak mengacuhkan aksi penghinaan itu.

"Mantap, pilih Prabowo," teriak pria lainnya.



Sumber: BeritaSatu.com