Menghindari dari Tindakan Kejahatan, Ini Caranya

Menghindari dari Tindakan Kejahatan, Ini Caranya
Kriminolog UI Erlangga Masdiana membeberkan beberapa tips menghindari dari tindakan kejahatan.
Ahmad Salman / AIS Senin, 8 April 2019 | 16:18 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kejahatan bisa terjadi di mana saja dan menimpa siapapun kapan saja disadari atau tidak. Karena itu dibutuhkan suatu kewaspadaan untuk bisa menghindarinya.

Kriminolog UI Erlangga Masdiana membeberkan beberapa tips menghindari dari tindakan kejahatan. Erlangga mengatakan, dalam kriminologi terdapat teori avoidance pada pelaku kriminal. Pertama, seseorang harus terlebih dahulu mencari informasi soal orang yang dikenalnya atau potential criminal. Menggali lebih dalam latar belakang lawan interaksinya.

"Orang ini terlihat baik tapi kemudian dia mempunyai record yang nggak bagus, ini harus dipelajari. Makanya ketika kita berinteraksi dengan orang harus tahu tentang latar belakang orang tersebut," jelas Erlangga.

Kedua, tambah Erlangga, harus tahu tentang lingkungan. "Makanya ketika kita mau masuk ke daerah bronx, maka kita seringkali memetakan kira-kira daerah ini berbahaya buat dia atau tidak," kata Erlangga.

Ketiga, kata Erlangga, seseorang harus mempunyai perasaan apakah dirinya dalam keadaan berbahaya atau tidak. "Misal mau naik bus atau kendaraan tertentu dirasa aman atau tidak," tandas Erlangga.

Lihat video: 



Sumber: BeritaSatu TV