Pelatihan Gratis, Kopi Abah Permudah Kaum Muda Jadi Barista

Pelatihan Gratis, Kopi Abah Permudah Kaum Muda Jadi Barista
Peserta pelatihan barista kopi gratis di Kopi Abah berfoto bersama setelah mengikuti pelatihan Senin (8/4/2019). ( Foto: Istimewa )
Hendro D Situmorang / AMA Selasa, 9 April 2019 | 11:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Keinginan menjadi barista di kalangan anak muda menjadi potensi yang patut dikembangkan. Hanya, semangat besar ini pada kenyataannya terkadang menemui kendala karena mereka tidak punya biaya untuk mengikuti pelatihan barista. Sebab, untuk mengikuti pelatihan barista, pemula harus merogoh kocek dua sampai tiga juta.

Masalah seperti ini juga dialami Rico (18 tahun) asal Tangerang. Anak muda ini sudah lama ingin belajar menjadi barista, tetapi  ia terkendala urusan biaya. Beruntung saat membuka Instagram @kopiabah.official Rico mendapatkan informasi bahwa ada pelatihan barista gratis.

Kopi Abah melakukan kegiatan pelatihan barista di kantor Master C19 portal KMA, Menteng, Jakata Pusat pada Senin (8/4/2019). Pelatihan ini sudah dilaksanakan rutin seminggu sekali sejak bulan Januari 2019 hingga sekarang. Sampai saat ini, jumlah peserta yang telah menerima manfaat pelatihan barista gratis sekitar 300 orang.

"Kopi Abah memiliki kepanjangan yakni komitmen arus bawah, pelatihan barista gratis merupakan program yang menjadi bukti komitmen kami dalam memberikan kesempatan generasi muda untuk berkembang, terutama dalam menyebar semangat kewirausahaan," ujar CEO Kopi Abah, Nur Rohman, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Pada pelatihan barista, Senin (8/4/2019) turut hadir pula putra cawapres 01 Ma'ruf Amin, Gus Syauqi Maruf Amin, untuk memotivasi peserta pelatihan barista. Menurutnya, optimisme perlu dimiliki oleh anak-anak muda karena anak muda yang akan menentukan mau seperti apa Indonesia ke depan.

“Senang sekali bisa mengikuti pelatihan hari ini, saya merasakan betul manfaat pelatihan barista Kopi Abah. Setidaknya baru kali ini saya mencoba langsung peralatan seperti grinder, French press, server, dan lainnya," tutup Nur Rohman.



Sumber: Suara Pembaruan