Said Iqbal Sebut Prabowo Beri 3 Tanggapan saat Bertemu Ratna Sarumpaet

Said Iqbal Sebut Prabowo Beri 3 Tanggapan saat Bertemu Ratna Sarumpaet
Hadir Sebagai Saksi, Amien Rais Dimintai Keterangan Terkait Hoaks Ratna Sarumpaet ( Foto: Youtube.com/BeritaSatu / BSTV )
Bayu Marhaenjati / BW Selasa, 9 April 2019 | 13:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Jaksa Penuntut Umum (JPU), menghadirkan saksi Said Iqbal dalam sidang lanjutan kasus berita bohong atau hoax dengan terdakwa Ratna Sarumpaet, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dalam persidangan, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu, menceritakan pertemuan antara Ratna Sarumpaet dengan Prabowo Subianto, Amien Rais dan sejumlah tokoh lainnya, di Nusantara Polo Club, Bogor, Jawa Barat, 2 Oktober 2018. Pada pertemuan itu, Prabowo sempat menganjurkan agar Ratna melaporkan kasus penganiayaan itu ke polisi.

"Pembicaraan itu mengalir, saya kebetulan agak datang sedikit terlambat, intinya kak Ratna menceritakan kembali penganiayaan beliau yang terjadi di Bandung itu. Kemudian Pak Prabowo menanggapi tiga hal yang saya ingat dan saya dengar. Satu, sebaiknya lapor polisi dan lakukan visum karena ini adalah penganiyaan. Sekali lagi kita tidak tahu kalau ini sebuah kebohongan pada saat itu," ujar Said Iqbal, di PN Jakarta Selatan, Selasa (9/4/2019).

Said Iqbal menambahkan, Prabowo juga mengatakan, tidak boleh ada kekerasan dalam demokrasi. "Tidak boleh ada violence, victim. Demokrasi harus damai dan adil. Ketiga, kalau memang sesuatu yang dirasakan oleh kak Ratna, ada kekhawatiran tidak ada tanggapan andaikan lapor polisi, Pak Prabowo bersedia bertemu dengan Pak Kapolri menyampaikan," ungkap Said.

Said menuturkan, Ratna lebih banyak diam dalam pertemuan itu. Pertemuan tidak berlangsung lama, dilanjutkan ramah tamah dan kemudian mereka meninggalkan lokasi.

"Setelah diskusi mengalir, kemudian itu selesai, lalu bergeser saya ke pintu luar. Kemudian, rombongan dari luar masuk melakukan foto. Saya tidak fokus lagi setelah itu," kata Said Iqbal.

Said Iqbal menyampaikan, setelah pertemuan itu dirinya tidak lagi berkomunikasi dengan Ratna. Dia pun akhirnya mengetahui kalau Ratna berbohong dari rekannya dan membaca media daring.

"Tidak ada (Ratna menghubungi kembali). Komunikasi juga tidak ada. Sampai sekarang," tandas Said Iqbal.



Sumber: BeritaSatu.com