Naik MRT Jakarta, Bisa Jalan-jalan di 10 Destinasi Wisata Ini

Naik MRT Jakarta, Bisa Jalan-jalan di 10 Destinasi Wisata Ini
Penumpang menggunakan moda raya terpadu (MRT) Jakarta yang kini telah beroperasi secara komersial. ( Foto: Antara )
Asni Ovier / AO Selasa, 9 April 2019 | 17:24 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Pada 24 Maret lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan salah satu saranga transportasi publik kebanggaan Indonesia, khususny Ibu Kota Jakarta, yakni Mode Raya Terpadu (MRT). Kereta MRT yang memiliki kecepatan 80-100 kilometer per jam itu akan melalui 13 stasiun, yang berawal dari Stasiun Lebak Bulus hingga berakhir di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia (HI). Jarak sepanjang 16 kilomenter itu dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit.

Sebagai salah satu opsi transportasi massal di Jakarta, MRT tidak hanya membawa penumpang ke tempat kerja atau aktivitas lain. Dengan MRT, warga Jakarta atau warga dari daerah lain yang sedang berada di Ibu Kota juga dapat mendatangi lokasi wisata dan tempat-tempat seru nan menarik lainnya.

Berikut sejumlah tempat menarik yang bisa dikunjungi dengan menggunakan MRT:

1. Gelora Bung Karno, Senayan
Kawasan ini menjadi salah satu ikon kebanggaan bangsa Indonesia, terutama warga Jakarta. Dengan menggunakan MRT, datang ke tempat ini cukup berhenti di Stasiun MRT Istora, yang tepat berhenti di kawasan Gelora Bung Karno atau kerap disingkat GBK. Di kawasan ini, sejumlah aktivitas bisa dilakukan, antara lain jogging, berenang di Aquatic Center layaknya atlet nasional, serta merasakan fasilitas olahraga lain. Stadion GBK dan gedung-gedung olahraga di kawasan ini, termasuk Istora Senayan, sering dijadikan tempat penyelenggaraan konser musik, baik dari grup musik atau penyanyi lokal maupun internasional. Berbagai acara menarik juga kerap digelar di kawasan yang sangat dikenal warga Jakarta ini.

2. Kawasan Jalan Fatmawati
Saat berhenti di Stasiun MRT Fatmawati, penumpang dapat berwisata sejarah di Museum Basuki Abdullah yang terletak di Jalan Keuangan Raya, Cilandak Barat. Museum ini menyimpan deretan koleksi lukisan sang maestro dan terdapat pula benda-benda koleksi lainnya, seperti keramik, patung, topeng, senjata, hingga jam tangan unik. Letak Stasiun MRT Fatmawati juga berdekatan dengan pusat perbelanjaan One Belpark.

3. Taman Ayodya dan Taman Langsat
Bila berhenti di Stasiun MRT Sisingamangaraja, penumpang dapat santai sejenak di Taman Langsat dan Taman Ayodya. Di tempat ini, warga Jakarta biasa berswafoto dengan latar belakang kolam besar Taman Ayodya. Aktivitas olahraga, seperti jogging juga juga bisa dilakukan di tempat ini atau sekadar berjalan-jalan santai. Dikutip dari Tagar News, pengunjung juga bisa berwisata sejarah di Museum Polri dan Masjid Agung Al Azhar.

4. Kawasan Bundaran Hotel Indonesia
Keindahan air mancur dipadu kerlap-kerlip lampu cantik saat malam hari menciptakan pemandangan yang menakjubkan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Bila berhenti di Stasiun Bundaran Hotel Indonesia, penumpang pun langsung bisa berfoto di kawasan yang dikelilingi hotel dan pusat-pusat perbelanjaan mewah. Dari stasiun ini juga, bila menyambung bus transjakarta, berjalan kaki, atau dengan kendaraan lain, pengunjung juga bisa melihat Monumen Nasional (Monas), Taman Menteng, dan Museum Naskah Proklamasi.

5. Kawasan Blok M
Kawasan Blok M sudah sejak lama dikenal dengan kawasan pusat perbelanjaan. Bila berhenti di Stasiun MRT Blok M, penumpang bisa berkunjung ke Blok M Plaza, Mal Blok M, dan tempat perbelanjaan lain disekitarnya. Bahkan, kolektor barang-barang antik dan unik juga bisa menuju kawasan Pasar Taman Puring. Penggemar buku-buku bekas, kaset, bahkan piringan hitam, bisa menuju Blok M Plaza. Di sekitar itu juga ada kafe yang terkenal di kalangan anak muda, yakni Filosofi Kopi, yang terletak di kawasan Jalan Melawai.

6. GOR Sumantri, Plaza Festival, dan Epicentrum Walk
Memang tempat ini agak jauh dari jalur MRT, tetapi bukan berarti sulit untuk ditempuh. Penumpang yang turun di Stasiun MRT Setiabudi dapat melanjutkan perjalan ke tempat-tempat ini dengan menggunakan bus transjakarta. GOR Sumantri yang “nempel” dengan Plaza Festival merupakan tempat yang menarik. Selain bisa berolahraga, di tempat ini pengunjung juga bisa menikmati aneka macam kuliner. Sementara, pusat perbelanjaan Epicentrum Walk dan Setiabudi One letaknya tak jauh dari Plaza Festival.

7. Bendungan Hilir
Bagi pecinta kuliner jangan lupa singgah di Stasiun MRT Bendungan Hilir atau biasa disebut Benhil. Dekat stasiun bawah tanah MRT Benhil terdapat banyak variasi kuliner khas Nusantara yang amat disayangkan jika dilewatkan. Belum ke Jakarta jika tidak sempat mencicipi kelezatan ragam makanan yang tersaji di Benhil. Saat bulan puasa atau Ramadan nanti, Pasar Benhil biasa dijadikan salah satu destinasi wisata unggulan untuk berbelanja aneka makanan berbuka puasa.

8. ITC Fatmawati dan Pondok Indah Mal
Untuk menuju kedua tempat ini, lokasi terdekat stasiunnya adalah Stasiun MRT Haji Nawi atau Stasiun MRT Lebak Bulus. Di sekitar lokasi perbelanjaan itu pengunjung akan dengan mudah menemukan kafe-kafe menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun sahabat.

9. Pusat Perbelanjaan Area Senayan
Stasiun MRT Senayan menjadi lokasi terdekat bagi Anda yang gemar melakukan wisata belanja. Di kawasan ini terdapat banyak pilihan pusat perbelanjaan atau mal, yakni Ratu Plaza, Senayan City, Plaza Senayan, dan FX Sudirman. Dari sini juga bisa langsung menuju kawasan Gelora Bung Karno

10. Hutan Kota Sangga Buana dan Kebun Karida
Di antara himpitan gedung bertingkat, suara knalpot yang bising, dan polusi udara akibat kendaraan, ada tempat yang asri, yang bernama kawasan Hutan Kota Sangga Buana. Untuk menuju lokasi ini, pengunjung bisa turun di Stasiun MRT Lebak Bulus, yang letaknya tidak begitu jauh dari Hutan Kota Sangga Buana. Tak jauh dari stasiun, juga bisa melanjutkan jalan-jalan ke Kebun Karida, tempat yang cocok untuk belajar bercocok tanam.



Sumber: BeritaSatu.com