Persiapan Pemilu di Kota Bogor Sudah 95%

Persiapan Pemilu di Kota Bogor Sudah 95%
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor Samsudin di sela Apel Gabungan TNI-Polri jelang pemilu di BNR, Kota Bogor, Rabu (10/4/2019). ( Foto: Beritasatu.com / Vento Saudale )
Vento Saudale / FMB Rabu, 10 April 2019 | 14:51 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Tujuh hari menjelang pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Kota Bogor sudah semakin siap menyambut gelaran lima tahunan ini. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor mengklaim persiapan jelang hari pencoblosan sudah 95 persen.

“Persiapan jelang Pemilu di Kota Kota saat ini sudah mencapai 95 persen. Saat ini, kami sedang fokus merampungkan distribusi logistik di kewilayahan,” ujar Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin kepada Beritasatu.com di sela Apel Kesiapan TNI-Polri di BNR, Kota Bogor, Rabu (10/4/2019).

Samsudin menjelaskan, saat ini logistik sudah berada di enam titik mewakili enam kecamatan se-kota Bogor dan dalam beberapa hari ke depan akan didistribusikan ke 68 kelurahan. Selanjutnya di masing kelurahan akan dilakukan pengecekan terakhir sebelum kembali didistribusikan ke 3.209 tempat pemungutan suara (TPS).

“Distribusikan ke TPS pada Selasa (16/4/2019) malam. KPU, Bawaslu, dan TNI-Polri akan memastikan mulai dari perlengkapan logistik (tinta, kotak, paku) lengkap, jumlah kertas sesuai, dan kertas suara dalam kondisi baik. Artinya, belum tercoblos, tidak rusak sebelum disegel lalu didistribusikan ke TPS,” jelas Samsudin.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bogor saat ini berada di angka 716.473 pemilih. Jumlah ini meningkat dibandingkan saat Pilkada 2018 digelar yaitu sebanyak 674.310 pemilih. Sedangkan untuk daftar pemilih tambahan (DPTb) hasil verifikasi Maret lalu, lanjut Samsudin, berjumlah 3.887 pemilih.

“Sedangkan untuk DPTb untuk empat kategori karena sakit, terkena bencana alam, menjadi tahanan, dan bertugas pada hari pencoblosan, 17 April 2019, sesuai putusan MK, KPU masih menunggu paling lambat hari ini,” tandas Samsudin.



Sumber: BeritaSatu.com