80 Bus Disiapkan Dishub Tangerang untuk Mudik Gratis

80 Bus Disiapkan Dishub Tangerang untuk Mudik Gratis
Sebanyak 418 bus mudik gratis dengan tujuan 17 kota tujuan di pulau Jawa dan Sumatera diberangkatkan dari Terminal JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Kamis, 7 Juni 2018. ( Foto: Suara Pembaruan/Carlos Roy Fajarta )
/ WIN Rabu, 10 April 2019 | 19:25 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Sebanyak 80 bus disiapkan oleh Aparat Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Banten untuk warga yang ingin mudik secara gratis ke kampung halaman masing-masing merayakan Lebaran 2019.

"Ini merupakan bukti pelayanan kepada warga, pada tahun 2018 hanya sebanyak 50 bus dan tahun ini bertambah," kata Kepala Bidang Angkutan Dishub Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono di Tangerang, Rabu (10/4/2019).

Rudi mengatakan sejak dibuka pendaftaran melalui daring dan loket di kantor Dishub setempat, Desa Parahu, Kecamatan Sukamulya sudah banyak pemudik yang mendaftar.

Namun, hingga saat ini pemudik terus mendatangi loket di kantor Dishub dan kuota yang disediakan hampir habis sudah lebih dari 90 persen.

Pemudik akan diberangkatkan secara serentak menjelang Lebaran di kantor Pusat Pemerintahan di Tigaraksa, Banten untuk tujuan mudik ke beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sementara pemudik yang hendak ke beberapa kota di Pulau Sumatera seperti ke Padang, Sumbar, Palembang, Sumsel dan Lampung juga berangkat pada lokasi yang sama.

Sedangkan kuota sebanyak 80 bus tersebut merupakan program dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Dishub setempat menyediakan lokasi pemberangkatan dan loket pendaftaran.

Program mudik gratis dengan bus tersebut digelar oleh Kemenhub dengan menyediakan sebanyak 20.250 kursi termasuk untuk pemudik dari Jabodatebek.

Dia mengatakan beberapa kota tujuan mudik yakni Jawa Barat dengan kota tujuan Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Banjar dan Ciamis

Untuk bus ke Jawa Tengah tujuan Cilacap, Purwokerto, Banjarnegara, Kebumen, Solo, Sragen, Klaten, Pekalongan, Semarang, Pemalang, Slawi, Salatiga, Boyolali, Wonogiri, Wonosobo dan Temanggung.

Menurut dia, bus gratis itu juga untuk tujuan Jawa Timur seperti Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri dan Pacitan.

Persyaratan mudik gratis adalah warga membawa foto kopi KTP, KK dan menunjukan yang asli kepada petugas.

Kemenhub juga mengangkut sepeda motor gratis dengan syarat membawa STNK dan SIM serta BBM kendaraan harus dikosongkan, hal itu dilakukan untuk mengurangi tingkat kecelakaan selama musim mudik dan arus balik Lebaran 2019.



Sumber: ANTARA