Dirut PAM Jaya Sebut HoA Pengelolaan Air Masih Dibahas

Dirut PAM Jaya Sebut HoA Pengelolaan Air Masih Dibahas
Direktur Utama (Dirut) PAM Jaya, Priyatno Bambang Hernowo, ( Foto: PAM Jaya )
Lenny Tristia Tambun / FER Rabu, 10 April 2019 | 20:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Utama (Dirut) PAM Jaya, Priyatno Bambang Hernowo, mengatakan, Induk Perjanjian (Head of Agreement/HoA) pengambilalihan pengelolaan air dari mitra swasta masih dalam tahap pembahasan secara mendetail. Namun dipastikan, konsesi pengelolaan air yang dipegang oleh mitra swasta akan dikembalikan kepada PAM Jaya.

"Jadi ini kan perubahannya yang luar biasa. Artinya semua konsesi yang dipegang oleh mitra, sekarang dikembalikan ke PAM Jaya. Jadi kemudian, bagaimana proses transisinya dan detailnya masih harus dibicarakan lagi," kata Hernowo seusai membuka PAM Islamic Fair 2019 di Kantor PAM Jaya, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2019).

Baca Juga: PAM Jaya Jamin Tidak Ada Pengurangan Karyawan

Bila sudah masuk ke dalam pembahasan secara mendetail, lanjutnya, maka harus dipastikan antara PAM Jaya dengan kedua operator air bersih swasta, Palyja dan Aetra memiliki pemahaman yang sama dan diambil kesepakatan bersama.

"Kemudian pemahanan yang sama dan kesepakatan bersama itu kita tuangkan ke dalam HoA dalam redaksionalnya,” ujar Hernowo.

Dalam pembahasan secara mendetail ini, Hernowo menilai dua operator air bersih swasta tersebut sangat terbuka untuk melakukan pembicaraan.

"Mereka masih terbuka untuk melakukan pembicaraan. Dari pembicaraan itu akan ada kesimpulan terhadap semua hal terkait pengambilalihan," terang Hernowo.

Baca Juga: Palyja Berikan Pelatihan Hidroponik

Ketika ditanya isi dari HoA tersebut, Hernowo menegaskan, itu bukan wewenangnya untuk menjawab. Karena, Gubernur DKI Jakarta yang akan mengumumkan isi dari Induk Perjanjian itu kepada publik.

Tetapi dalam isi HoA tersebut akan ditentukan status Palyja dan Aetra. Kemudian juga untuk produksi air akan dilakukan oleh swasta atau PAM Jaya. Juga termasuk wewenang distribusi air bersih berada di pihak swasta atau Pemprov DKI.

"Itu semua sudah masuk konten. Nanti saja disampaikan kalau sudah fix HoA-nya. Itu statement yang belum bisa kami keluarkan. Opsi-opsi itu yang kemudian masuk ke konten. Makanya kalau konten, saya belum bisa berikan statement," tukas Hernowo.



Sumber: BeritaSatu.com