Aplikasi TRON Memungkinkan Warga Bekasi Naik Angkot Online

Aplikasi TRON Memungkinkan Warga Bekasi Naik Angkot Online
Ilustrasi angkutan kota Bekasi. ( Foto: Suara Pembaruan )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Jumat, 12 April 2019 | 16:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT. Teknologi Rancang Olah Nusantara bekerja sama dengan VIA, perusahaan penyedia solusi berbagi kendaraan (ride sharing) asal Amerika Serikat (AS) merilis aplikasi TRON yang memungkinkan penggunanya memanggil angkutan kota (angkot) tanpa perlu berjalan jauh. Untuk tahap awal, aplikasi ini diperuntukkan bagi warga Bekasi, Jawa Barat.

"Kehadiran TRON memberikan pengalaman baru bagi masyarakat Kota Bekasi dalam berkendara transportasi umum sehingga dapat mendorong pertumbuhan pengguna angkot," ujar CEO TRON, David Santoso, dalam keterangan tertulis yang diterima Beritasatu.com, Jumat (12/4/2019).

David Santoso mengatakan, setelah melakukan registrasi, pengguna cukup memasukkan tujuan dan akan diarahkan ke halte virtual terdekat untuk menunggu angkot tersebut. Dengan teknologi yang disediakan VIA, aplikasi TRON dapat menyediakan skema reroute yang memungkinkan angkot masuk ke kawasan pemukiman sesuai jalur yang sudah ditentukan. "Aplikasi TRON memudahkan masyarakat naik angkot," kata David Santoso.

Sementara keuntungan bagi sopir angkot kata David Santoso, adalah faktor keamanan karena tidak perlu menyediakan uang kembalian. "Ke depannya TRON akan bekerja sama dengan KasPro untuk menyediakan pembayaran secara nontunai", tambah David Santoso.

David Santoso menambahkan, aplikasi TRON sudah bisa digunakan pada 70 angkot di Kota Bekasi yang terbagi dengan dua trayek yaitu trayek K-11 terdiri tiga rute, dan K-12 yang terdiri dari satu rute.

Sebagai ganbaran, VIA melakukan modifikasi sistem transportasi umum menjadi lebih dinamis dari rute terjadwal menjadi angkutan yang sesuai permintaan. VIA menghubungkan berbagai macam penumpang yang mempunyai tujuan sama, dan membuat orang dapat berbagi kendaraan yang sama.

Pertama kali diluncurkan di New York City pada September 2013, VIA beroperasi di Amerika Serikat dan di Eropa melalui usaha patungannya dengan Mercedes Benz, Viavan.



Sumber: BeritaSatu.com