Gelombang Massa Mengalir ke GBK

Gelombang Massa Mengalir ke GBK
Massa pedukung Jokowi-Maruf Amin mendatangi GBK Jakarta. ( Foto: Istimewa )
Bayu Marhaenjati / CAH Sabtu, 13 April 2019 | 12:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gelombang massa pendukung calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin terus mengalir ke kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (13/4/2019).

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com, massa pendukung Jokowi-Amin yang mayoritas mengenakan kaos putih bergambar atau bertemakan pasangan nomor urut 01, nampak berjalan kaki menuju ke dalam SUGBK, di Jalan Asia Afrika, Jalan Patal Senayan, dan Jalan Gerbang Pemuda, kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Panas menyengat, tak menyurutkan semangat massa berkumpul untuk merayakan kampanye akbar Jokowi-Amin. Tua, muda, laki-laki, perempuan, semua terlihat antusias. Sesekali, massa berhenti di satu titik sambil berswafoto bersama kerabatnya.

Panggung hiburan yang memutar lantunan musik bertema Jokowi-Amin pun menggema di Pintu I Asia Afrika. Massa yang melintas nampak bergoyang mengangkat tangan sambil mengacungkan jempol mengikuti alunan musik bertajuk "Jokowi Sekali Lagi," yang dipopulerkan Ala Girlband. Salah satunya, pengacara kondang Ruhut Sitompul yang mengenakan topi dan kaos bergambar Jokowi-Amin.

Musik dari panggung, terdengar saling bertautan dengan suara pedagang tahu bulat. Memang selain massa yang menyemut, para pedagang kaki lima juga tumpah ruah menjajakan makanan dan minuman di pinggir jalan.

Sementara itu, sejumlah anggota polisi terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas. Sepeda motor, mobil, bus yang mengangkut rombongan massa diarahkan polisi menuju kantong-kantong parkir di sekitar Senayan. Massa yang akan menuju ke SUGBK didrop off di beberapa titik. Selanjutnya massa akan berjalan kaki menuju ke dalam, dan kendaraan atau bus pengangkut diarahkan ke kantong parkir.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, polisi juga melakukan pengawalan massa dari sejumlah tempat seperti Depok, Bekasi, Tangerang, dan lainnya menuju SUGBK.

"Tentunya massa atau peserta kampanye dari berbagai daerah di Jakarta, ada dari Depok, Bekasi dan Jakarta Timur dikawal untuk masuk ke GBK. Dari Tangerang Kota dan Tangerang Selatan juga akan dikawal, masing-masing parkirnya di sisi Timur, Utara, sisi Selatan. Semua sudah diatur, ada parkir dan drop off," kata Argo.

Polisi juga telah memberlakukan rekayasa arus di sekitar lokasi.

Berikut rekayasa arus lalu lintasnya:

1. Fly Over Sekat II dan Radiologi:

- Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi.
- Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju layang Ladogi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

2. Pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan:

- Kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi.

3. Jalan Hang Lekir 2:

- Arus lalu lintas dari Jalan Pakubuwono VI yang menuju ke arah Universitas Mustopo diarahkan ke Traffic Light Pakubuwono.

4. Jalan Hang Lekir 1:

- Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

5. Perempatan Patal Senayan:

- Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokkan ke kiri Jalan Tentara Pelajar.

6. Pertigaan Tentara Pelajar:

- Kendaraan dari Jalan Tentara Pelajar yang menuju ke Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.

7. Traffic Light Palmerah:

- Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.



Sumber: BeritaSatu.com