Addie MS: Musik Menyatukan Bangsa

Addie MS: Musik Menyatukan Bangsa
Addie MS ( Foto: Dina Fitri Anisa )
Dina Fitri Anisa / ALD Sabtu, 13 April 2019 | 14:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Bukan rahasia lagi bila persatuan dan toleransi masyarakat Indonesia tengah mengalami ujian akibat situasi politik yang tidak menentu. Melihat hal tersebut, musisi Addie MS tidak tinggal diam. Sejak beberapa tahun terakhir, ia selalu berusaha menjadikan musik sebagai salah satu alat pemersatu bangsa.

Addie MS mengatakan, musik-musik nasional yang telah diciptakan oleh para pendahulu, memiliki efek besar dalam membakar semangat seluruh anak bangsa. Lebih dari itu, dengan perpaduan musik dan lirik, lagu nasional mampu menyadarkan masyarakat betapa pentingnya persatuan dan kesatuan, meski ada perbedaan.

Addie MS mencontohkan, lagu Garuda Pancasila yang diciptakan oleh Sudharnoto. Menurut Addie, dalam liriknya bisa dipahami sebagai rasa kesetiaan rakyat Indonesia kepada Pancasila sebagai satu-satunya ideologi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

“Saya ingin sikapi dengan menyanyikan lagu ini, supaya sadar bahwa kita ini ratusan suku, bahasa, berbagai agama dan kepercayaan yang banyak sekali bisa bertahan, karena Pancasila. Ingin mengingatkan, pentingnya nilai Pancasila sebagai pemersatu. Sekarang di kontestasi Pilpres ini kita menjadi terkotak dan terbelah dua. Beberapa orang juga semakin larut dalam perbedaan, persaingan, dan lupa bahwa kita semua awalnya bersaudara, satu bangsa, yaitu Indonesia,” jelasnya di acara Satukan Doa Menuju Kemenangan Demi Indonesia Maju oleh We Are Alumni Jokowi di Epiwalk, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

“Lagu-lagu ini juga sebagai pengingat saya, bisa terus mensyukuri perjuangan para pendahulu kita. Jadi kita juga bisa bangga mengibarkan bendera merah putih dengan gegap gempita. Syukurilah dan tetap menjaga kepribadian bangsa ini yang tidak mudah terprovokasi,” sambung Addie MS.



Sumber: Suara Pembaruan