Besok, KRL Bekasi-Jakarta Diperkirakan Masih Alami Keterlambatan

Besok, KRL Bekasi-Jakarta Diperkirakan Masih Alami Keterlambatan
ā€ˇPengoperasian rel dwi ganda di Stasiun Cakung, Jakarta Timur, telah memisahkan jalur KRL dengan jalur kereta jarak jauh, Jumat (12/4/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Mikael Niman )
Mikael Niman / BW Minggu, 14 April 2019 | 23:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengimbau kepada pengguna kereta rel listrik (KRL) lintas Bekasi-Jakarta Kota, untuk mengatur waktu perjalanan, Senin (15/4/2019).
Diperkirakan, masih terjadi keterlambatan pemberangkatan KRL Bekasi-Jakarta Kota besok. Keterlambatan jadwal ini merupakan imbas dari ‎pemindahan jalur (switch over) ke rel dwi ganda (double-double track/DDT) yang dilakukan pada Jumat (12/4/2019) lalu.

‎"Pengoperasian DDT lintas Jatinegara-Cakung pada Jumat lalu masih dalam tahap normalisasi dan penyesuaian, khususnya dalam berbagai aspek operasional dan keselamatan perkeretaapian. Hasil pemantauan hingga sore hari ini (Minggu 14/4/2019), penambahan waktu perjalanan masih terjadi, meskipun makin sedikit kelambatannya. Kelambatan KRL ini diperkirakan juga masih akan terasa pada besok hari," ujar VP Corporate Communication PT KCI, Anne Purba.

Anne Purba mengatakan, KCI bersama PT KAI akan terus memantau penambahan waktu perjalanan KRL yang terjadi seusai pemindahan jalur ke rel dwi ganda.

Anne mencatat, keterlambatan KRL lintas Bekasi-Kota pada Jumat (12/4/2019) mencapai satu jam lebih. Kemudian, keterlambatan perjalanan ini masih berlanjut hingga Sabtu (13/4/2019) yang mencapai 30 menit. Lalu, pada sore ini juga masih terjadi keterlambatan KRL hingga rat-rata mencapai 20 menit.

"Bagi pengguna KRL, tambahan waktu perjalanan yang perlu disiapkan pada besok hari, lebih kurang sama dengan hari Minggu ini yakni sekitar 20 menit,‎" tuturnya.

Anne Purba menegaskan, pengoperasian jalur rel DDT dan optimalisasinya diharapkan agar layanan KRL, khususnya di lintas Bekasi atau Cikarang dapat lebih baik lagi pada masa mendatang.

"PT KCI memohon maaf atas masih adanya keterlambatan yang terjadi di lintas Jakarta Kota-Bekasi atau Cikarang. PT KCI mengimbau kepada seluruh pengguna jasa KRL untuk dapat mengatur waktu perjalanannya kembali dan bagi yang tidak dapat menunggu agar dapat menggunakan pilihan moda transportasi lain," pungkasnya.



Sumber: Suara Pembaruan