Menhub Tinjau Pengerjaan Proyek Landas Pacu 3 Soetta

Menhub Tinjau Pengerjaan Proyek Landas Pacu 3 Soetta
Menteri Perhubungan saat meninjau pengerjaan proyek runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Senin (15/4/2019). ( Foto: BeritaSatu Photo / Thresa Sandra Desfika )
Thresa Sandra Desfika / YUD Senin, 15 April 2019 | 17:42 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi optimistis pengoperasian runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang bisa dilaksanakan mulai akhir Juni 2019. Saat ini progres pengerjaan proyek senilai Rp 6 triliun itu terpantau 60%.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, runway 3 bisa meningkatkan kapasitas pelayanan pendaratan dan lepas landas pesawat di Bandara Soekarno Hatta dari 81-83 menjadi 114 pergerakan pesawat per jam.

"Dengan adanya tambahan runway membuat kualifikasi Bandara Soekarno Hatta semakin baik. Kami harapkan kepercayaan masyarakat dunia aviasi bertambah. Kita sebagai negara yang ingin memberikan suatu layanan bagi masyarakat dunia khususnya turis, bandara ini jadi showcase yang baik," kata Menhub saat meninjau pengerjaan proyek runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Senin (15/4/2019).

Dia menambahkan, kualifikasi runway 3 cukup tinggi karena diperkuat dengan pavement classification number (PCN) 86 sehingga dapat melayani pesawat sekelas Boeing B777 dengan muatan penuh.

Lebih jauh, Budi menuturkan, dengan adanya runway 3 memudahkan pengelola bandara dalam melakukan perawatan terhadap dua landasan pacu lainnya. "Selain itu, ini mempermudah maintenance karena kerap ada maintenance. Saat operasi nanti, runway baru dipakai untuk landing, sedangkan runway 2 untuk take off," imbuh Budi.

Menurut Budi, jumlah luas lahan tambahan yang dibutuhkan untuk membangun runway 3 di Bandara Soekarno Hatta adalah seluas 213 hektar (ha). Karena itu, Bandara Soekarno Hatta nantinya mempunyai cakupan luas wilayah sekitar 2.000 ha atau bertambah dari yang sebelumnya 1.800 ha.

Selain itu, sebut Budi, PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Soekarno Hatta juga akan membangun Terminal 4 yang ditargetkan mulai 2021 dan selesai pada 2024. "Terminal 4 mulai dibangun 2021 sudah bisa. Kira-kira selesaikan dalam 3 tahun jadi 2024 selesai. Lokasinya di lapangan golf sana dan nanti bandara ini pada saat itu kapasitasnya lebih dari 100 juta orang," papar Menhub.

Di tempat yang sama, Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin menerangkan, proses pembebasan lahan runway 3 hampir tuntas, tinggal hanya menyelesaikan proses konsinyasi. Dia menambahkan, anggaran yang disiapkan untuk pembebasan lahan senilai Rp 4 triliun yang berasal dari penyertaan modal negara (PMN).

"Secara keseluruhan pengalihan hak milik tanah sudah ke AP II berdasarkan putusan Pengadilan Negeri. Kami sudah melaporkan juga ke Kementerian Keuangan terhadap penyerapan anggaran PMN yang dialokasikan pemerintah khusus pembebasan lahan. Sudah dilaporkan per 31 Maret," sebut Awaluddin.

Awaluddin menyebutkan, guna mengejar target pengoperasian runway 3 pada akhir Juni tahun ini, pihaknya melakukan percepatan pengerjaan tetapi tetap dengan menjaga kualitas. "Proses konstruksi memang kami percepat, tapi tidak menurunkan kualitas," tutur Awaluddin.



Sumber: BeritaSatu.com