Tekan Angka Golput, KPU Bogor Gelar Kontes Swafoto

Tekan Angka Golput, KPU Bogor Gelar Kontes Swafoto
Ilustrasi ( Foto: istimewa )
Vento Saudale / CAH Selasa, 16 April 2019 | 20:43 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Bogor kompak menggelar kontes swafoto pada hari pencoblosan besok. Hal tersebut guna berupaya menekan angka golput, khususnya di pemilih tingkat pemula.

Ketua KPU Kota Bogor menuturkan, dengan mengadakan lomba swafoto diharapkan meningkatkan antusiasme pemilih pemula.

“Dengan demikian diharapkan masyarakat termotivasi untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) guna menggunakan hak pilihnya. Langkah ini juga sejalan dengan hobi para anak-anak muda yang suka berswafoto dan eksis di media sosial,” kata Samsudin, Selasa (16/4/2019).

Total hadiah yang disediakan pun mencapai Rp 12 juta dengan empat kategori pemenang pilihan juri, pemenang harapan, pemenang like terbanyak dan hadiah hiburan.

Lomba swafoto hanya berlaku bagi masyarakat yang sudah menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan tinta jari. Adapun ketentuannya, masyarakat dilarang mengambil foto dalam bilik suara, foto selfie boleh dilakukan sendiri atau kelompok dan foto tidak menunjuk dan memakai atribut partai atau peserta pemilu.

Setelah itu kata dia, masyarakat dapat mengunggah foto tersebut di akun media sosialnya masing-masing seperti Instagram, Facebook dan Twitter dengan menandai akun milik KPU Kota Bogor.

Batas pengunggahannya selesai pada pukul 12.00 WIB pada Kamis (18/4). Sementara pemenangnya akan diumumkan pada Senin (22/4).

Serupa, KPU Kabupaten Bogor juga menggelar kontes serupa. Di Kabupaten Bogor, lomba itu terbagi menjadi dua kategori yang pertama bagi para pemilih di TPS non penyelenggara serta KPPS kreatif di seluruh Kabupaten Bogor.

Kreatif, teknik pengambilan foto serta like terbanyak menjadi prasyarat untuk memenangkan kontes tersebut untuk kategori pemilih. Sedangkan bagi KPPS syaratnya harus kreatif, kompak, informatif serta like terbanyak.

Kategori pemilih juara pertama berhak membawa pulang uang senilai satu juta rupiah, juara kedua Rp750.000 dan ketiga Rp 500.000. Bagi harapan pertama Rp 300.000, harapan kedua, Rp 200.000 dan ketiga Rp 100.000.

Pemenang KPPS terbaik mendapatkan uang senilai Rp 3.500.000, kedua Rp 2 juta, peringkat ketiga Rp 1 juta. Bagi harapan pertama Rp 1 juta, kedua Rp 650.000 dan peringkat ketiga Rp 500.000.

Bagi peserta yang ingin mengikuti lomba cukup mengunggah foto ke Instagram dengan caption semenarik mungkin dengan menandai akun @kpukabbogor dan Facebook KPU KAB BOGOR dengan batas waktu pukul 13.00 WIB Rabu (17/4) bagi pemilih sedangkan bagi KPPS pukul 13.00 WIB Kamis (18/4/2019).



Sumber: BeritaSatu.com