Ketika Tinta Tak Ada di TPS 71 Depok

Ketika Tinta Tak Ada di TPS 71 Depok
Petugas di TPS 71 Kota Depok sedang mempersiapkan pencoblosan. ( Foto: Beritasatu Photo / Willy Masaharu )
Willy Masaharu / JAS Rabu, 17 April 2019 | 09:15 WIB

Depok, Beritasatu.com - Pemilu 2019 kali ini bisa disebut pemilu paling rumit. Mulai dari persiapan, pencoblosan hingga nanti proses penghitungan suaranya.

Namun, adakalanya, ketika semua sudah siap untuk memulai pencoblosan, ternyata tinta celup yang bakal digunakan sebagai penanda bagi pemilih yang telah melakukan pencoblosan tidak ada dalam "paket" yang dikirimkan KPU Kota Depok. Hal itulah yang terjadi di TPS 71, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok.

"Kita belum bisa mulai. Tinta nya kok enggak ada," kata seorang petugas di TPS 71, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Rabu (17/4/2019).

Padahal, sebelum pukul 07.00, sejumlah warga sudah siap menggunakan hak pilih di TPS 71 tersebut. Sejumlah petugas mencari ulang di mana keberadaan tinta penanda itu.

Petugas panwaslu tak kalah bingung. Dia pun menelpon petugas lain di TPS lain jawabannya, ada beberapa TPS yang belum juga ada tinta penanda.

Tak lama berselang, beberapa petugas dari TPS lain datang. Mereka ternyata malah tak ada alat pencoblos. Sambil berkelakar mereka berkata, "Di TPS kami, tinta ada, tapi alat pencoblosnya (paku) yang enggak ada. Bagaimana kalo kita tukeran," katanya Beberapa petugas di TPS juga menghubungi KPU Kota Depok untuk menanyakan perihal ketiadaan tinta tersebut.

Seorang warga, yang hendak menggunakan hak pilihnya, mengatakan, sejak 06.30 WIB sudah menunggu untuk mencoblos. "Eh malah tintanya yang enggak ada. Kan tetep aja enggak bisa dimulai, " katanya.

Beberapa warga menganggap peristiwa itu menjadi topik ringan namun ada juga warga lainnya yang menggerutu. "Kok bisa tak ada tintanya. Koordinasinya bagaimana ya, " katanya.

Hingga pukul 08.00 WIB, tinta penanda pun belum ada. Petugas pun mengumumkan permintaan maaf karena belum bisa melaksanakan pemungutan suara.

Tinta baru ada sekitar pukul 08.20 WIB. Barulah pemungutan suara di TPS 71 bisa dimulai.



Sumber: BeritaSatu.com