Pileg DPRD, PKS Klaim Kemenangan di Jaksel

Pileg DPRD, PKS Klaim Kemenangan di Jaksel
Kegiatan kampanye kreatif PKS pada Pemilu 2019 di Jakarta, Minggu (10/3/2019). ( Foto: istimewa / istimewa )
Lenny Tristia Tambun / FMB Senin, 22 April 2019 | 14:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jakarta Selatan telah menyelesaikan hasil perhitungan suara real count berdasarkan input data C1 yang diperoleh saksi PKS dari 6.453 TPS atau 100 persen jumlah TPS yang ada di Jakarta Selatan.

Berdasarkan data C1 yang telah selesai di entry tersebut, PKS berada di peringkat teratas pemilihan legislatif DPRD, disusul PDIP dan Gerindra. Setelah itu PAN di peringkat empat, lalu PSI.

Ketua DPD PKS Jakarta Selatan Al-Mansur Hidayatullah mengapresiasi kerja-kerja kader PKS yang sangat cepat dan akurat. "Dengan hasil ini, kita optimistis PKS Jaksel meraih lima kursi di DPRD DKI Jakarta," kata Al Mansur, Senin (22/4/2019).

Dengan rincian, dari lima kursi DPRD DKI tersebut diperoleh dari daerah pemilihan (dapil) 8 sebanyak tiga kursi dan Dapil 7 sebanyak dua kursi.

"Kami juga sudah melalukan perhitungan kursi dengan metode saint lague sebagaimana aturan UU Pemilu no.7/2017," jelas Al-Mansur.

Ia merasa gembira karena perolehan suara PKS di Jakarta Selatan di Pemilu 2019 ini jauh meningkat dibandingkan Pemilu 2014 lalu. Hasil lima kursi DPRD dari PKS Jaksel sudah sesuai target yang dicanangkan jauh-jauh hari, saat Musyawarah Daerah PKS Jaksel digelar.

“Lima kursi DPRD, sudah sesuai dengan prediksi dan target PKS Jaksel pada Pemilu 2019 ini. Kami atas nama segenap pengurus PKS jaksel mengucapkan terima kasih atas perjuangan dan kerja seluruh pengurus, kader dan juga simpatisan PKS Jaksel. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada warga Jaksel yang telah mempercayakan suaranya kepada PKS,” ujar Al-Mansur.

Dengan hasil ini, hanya tujuh partai tersebut di atas yang akan memiliki wakil di DPRD DKI Jakarta dari Dapil 7 dan 8 di Jakarta Selatan.

Keberhasilan mengungguli partai lain di wilayah Jakarta Selatan, tidak membuatnya lengah. Justru mereka akan semakin hati-hati menjaga konstituennya.

“Walaupun demikian, kami mencatat bahwa perbedaan suara di antara para parpol kontestan pemilu di tingkat DPRD sangat tipis, kita memerlukan kehati-hatian dalam perhitungan dengan metoda saint lague, terutama pada perebutan kursi ke-3 di Dapil 8 dan kursi ke-2 di Dapil 7. Akurasi data C1 yang kami miliki akan sangat menentukan hasil rekapitulasi suara di tingkat kecamatan dan kotamadya,” tambah Al-Mansur.

Berikut persentase perolehan suara partai-partai di Jakarta Selatan berdasarkan hasil entry data C1:
1. PKS 22,4 persen.
2. Gerindra 20,9 persen.
3. PDIP 19,8 persen.
4. PAN 9,7 persen.
5. PSI 6,8 persen.
6. Demokrat 5,5 persen.
7. Nasdem 4,9 persen.

Berikut prediksi kursi partai politik di Jakarta Selatan berdasarkan C1 yang diterima saksi-saksi PKS Jaksel:
1. PKS : 5 kursi.
2. Gerindra : 5 kursi.
3. PDIP : 4 kursi.
4. PAN : 2 kursi.
5. Demokrat : 2 kursi.
6. PSI : 2 kursi.
7. Nasdem : 2 kursi.



Sumber: BeritaSatu.com