Sudirjo, Petugas KPPS Meninggal yang Dicintai Warga
Logo BeritaSatu

Sudirjo, Petugas KPPS Meninggal yang Dicintai Warga

Rabu, 24 April 2019 | 13:38 WIB
Oleh : Mikael Niman / BW

Bekasi, Beritasatu.com - Warga Perumnas 3 RT 04/RW 14 Kelurahan Arenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, merasa kehilangan sosok almarhum Sudirjo (66). Rumah almarhum di Jalan Panaitan 1 Nomor 9 Perumnas 3, tampak kosong dan hanya terlihat tiga karangan bunga ucapan bela sungkawa dari Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Wakil Wali Kota Tri Adhianto, dan PT Waskita Beton Precast Tbk.

Berkat dedikasinya dalam melaksanakan tugas sebagai anggota KPPS di TPS 126, Sudirjo telah melupakan kesehatannya hingga akhirnya meninggal dunia setelah mendapat perawatan semalam di Rumah Sakit Sentosa, Bekasi Timur, tak jauh dari kediaman‎nya.
Pria yang memiliki enam anak ini, menghembuskan napas terakhir pada Selasa (‎23/4/2019) sekitar pukul 15.10 WIB di RS Sentosa. Menurut tetangga terdekat, Sudirjo kelelahan setelah menjalankan tugas sebagai anggota KPPS TPS 126.

Sejak H-1, Hari H hingga H+1 pencoblosan, Sudirjo telah begadang menunaikan tugasnya melakukan persiapan, penghitungan suara hingga pengiriman kotak suara ke Kelurahan Arenjaya. Bagi seumuran Sudirjo, begadang selama berhari-hari lamanya tak mungkin sanggup dilakukan. Namun, dedikasinya sebagai petugas KPPS TPS 126, membuat almarhum melakukan hal itu semua.

Sekretaris RW 14, Mudjiyo, bercerita, imbas dari pekerjaan anggota KPPS yang begadang selama tiga malam, membuat kesehatan Sudirjo menurun drastis. Warga mulai curiga dengan kesehatan Sudirjo, yang tak kunjung mematikan lampu penerangan umum lingkungan RW dan tak membuka portal Jalan Panaitan pada Minggu (21/4/2019). "Sudah pukul 10.00 WIB, kok lampu jalan dan portal belum dibuka, kemudian saya mendatangi rumah almarhum," cerita Mudjiyo.

Biasanya, kata dia, almarhum selalu tepat waktu mematikan lampu jalan lingkungan dan membuka portal perumahan, sebelum pukul 07.00 WIB. Saat mendatangi ke rumahnya, Sudirjo terlihat lesu terbaring di tempat tidurnya. "Beliau menderita muntaber, demam, dan terlihat lesu. Kemudian, saya ajak ke Klinik Alifia, karena jaraknya dekat, beliau tampak lemas berjalan. Sampai di klinik, ada pengumuman, klinik tutup dan baru buka kembali besok," tuturnya.

Lalu, mereka pulang kembali dan menunggu besok kembali ke klinik tersebut. Kondisi Sudirjo semakin merosot. Besok harinya, Sudirjo tak mampu berjalan dan meminta dokter klinik yang mendatanginya ke rumahnya. ‎Namun, dokter di klinik tidak memenuhi permintaan keluarga Sudirjo, dokter hanya memberikan obat yang dititip kepada anggota keluarganya.

Senin (22/4/2019) pukul 14.00 WIB kondisi Sudirjo makin memburuk, keluarga dan Mudjiyo kemudian membawanya ke Rumah Sakit Sentosa, tak jauh dari kediamannya dengan menggunakan becak. ‎Hanya semalam, Sudirjo mendapat perawatan di RS Sentosa, dan menghembuskan napas terakhirnya, Selasa (23/4/2019) sekitar pukul 15.10 WIB, menjelang azan.

Almarhum merupakan pensiunan aparatur sipil negara (ASN) Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor. ‎Tinggal di Perumnas 3 sejak 1990 lampau, dan sangat dekat dengan warga sekitar. "Beliau aktif dalam kegiatan warga, dan memang rajin bekerja untuk lingkungan warga. Kami merasa kehilangan orang yang rajin tanpa pamrih, seperti almarhum," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua KPPS TPS 81 Kranji, Kecamatan Bekasi Barat bernama Ahmad Salahudin (43) juga meninggal setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Pekayon, Bekasi Selatan, Kamis (18/4) pagi. Ketua KPPS ini mengalami kelelahan sehingga setelah begadang menghitung perolehan suara dan kurang konsentrasi dalam berkendara sepeda motor.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan


BERITA LAINNYA

Wali Kota Bogor Ingatkan Warga Jaga Prokes Agar Masuk PPKM Level 2

Relaksasi ekonomi akan makin luas tergantung dari komitmen masyarakat menjaga ritme aktivitas.

MEGAPOLITAN | 22 September 2021

PDI-P Apresiasi Anies dan Prasetio Penuhi Panggilan KPK

Keduanya telah menunjukkan ketaatan pada proses hukum dengan memberikan klarifikasi terhadap persoalan yang sedang ditangani KPK.

MEGAPOLITAN | 22 September 2021

BMKG: Sebagian Wilayah Jakarta Diguyur Hujan

BMKG dalam laman resminya yang terpantau di Jakarta, memprakirakan seluruh wilayah DKI Jakarta pada Rabu pagi cerah berawan dan berawan.

MEGAPOLITAN | 22 September 2021

Aniaya Anak di Bawah Umur, Geng Motor Dibekuk Polisi di Bekasi

Jajaran Reskrim Polsek Pondokgede, Polrestro Bekasi Kota membekuk tiga anggota geng motor yang kerap meresahkan masyarakat.

MEGAPOLITAN | 22 September 2021

Damkar Terjunkan Mobil Bronto untuk Padamkan Kebakaran di Swalayan Cahaya

Mobil tersebut baru beroperasi sekitar pukul 23.30 WIB karena sulitnya medan di sekitar lokasi yang membuat mobil itu tidak dapat memasuki areal swalayan.

MEGAPOLITAN | 22 September 2021

Wagub Riza Ingatkan Ini kepada PSI Soal Tudingan Anies Berbohong

Ahmad Riza Patria mengingatkan hal ini kepada Plt Ketua Umum DPP PSI, Giring Ganesha yang menuding Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbohong.

MEGAPOLITAN | 22 September 2021

Pemalsu Sertifikat Vaksin Covid-19 Diciduk Polisi

Pemalsu sertifikat Vaksin Covid-19 diciduk anggota Reskrim Polsek Pondokgede, Polrestro Bekasi Kota.

MEGAPOLITAN | 22 September 2021

Pemkot Bekasi Buka Gerai Vaksinasi di Perbatasan Wilayah

Pemkot Bekasi buka gerai vaksinasi di pusat perbelanjaan Plaza Cibubur yang merupakan perbatasan wilayah dengan Kota Depok, Jakarta Timur dan Kabupaten Bekasi.

MEGAPOLITAN | 22 September 2021

Wagub DKI Bantah Pelaku Ekonomi Kreatif Compass Dapat Iklan dari Pemprov Soal Tugu Sepatu

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah pelaku ekonomi kreatif brand sepatu lokal Compass mendapatkan iklan dari Pemprov DKI Jakarta.

MEGAPOLITAN | 21 September 2021

Tempat Tidur Isolasi di RS Covid-19 di Jakarta Terpakai Hanya 9%, ICU 20%

Tingkat keterisian atau bed occupancy rate (BOR) tempat tidur isolasi dan ICU di 140 RS rujukan Covid-19 terus mengalami penurunan.

MEGAPOLITAN | 21 September 2021


TAG POPULER

# Rocky Gerung vs Sentul City


# Napoleon Bonaparte


# Anies Baswedan


# PPKM


# Bangga Buatan Indonesia



TERKINI
Hari Ini, 2 Eks Pejabat Pajak Jalani Sidang Perdana Perkara Suap dari Bank Panin Cs

Hari Ini, 2 Eks Pejabat Pajak Jalani Sidang Perdana Perkara Suap dari Bank Panin Cs

NASIONAL | 2 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings