Anies Imbau Jajarannya Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Anies Imbau Jajarannya Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXIII Tahun 2019 di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Kamis pagi (25/4/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / FER Kamis, 25 April 2019 | 15:58 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXIII Tahun 2019 di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019).

Upacara yang diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, mengambil tema 'Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif'.

Dalam upacara itu, Anies membacakan Amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, yang menekankan pada peningkatkan kualitas SDM Pemprov DKI Jakarta.

"Hari otonomi daerah, tadi saya membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri. Pesannya adalah peningkatan kualitas manusia yang lebih baik dan juga penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif dan inovatif. Ini pesan yang baik dan kesempatan bagi seluruh jajaran untuk memanfaatkan ruang otonomi daerah di seluruh Indonesia, agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat lebih besar dari kehadiran pemerintah,” kata Anies Baswedan.

Perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai. Otda telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah. Masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya.

Oleh karena itu, peringatan Otda tahun ini merupakan refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian, kemajuan dan kesejahteraan daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Untuk itu, Anies mengimbau seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta agar meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik dengan memanfaatkan ruang otonomi daerah sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi.

Ia juga menyampaikan kepada seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta, upacara peringatan Hari Otda ini merupakan pengingat kepada semua pihak yang bekerja di pemerintahan supaya semua hal yang menjadi tujuan bernegara terlaksana di setiap daerah.

Sebab, muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat.

Tak lupa Anies mengatakan ada tiga hal utama yang harus dilaksanakan ASN DKI sejalan dengan amanat Mendagri.

Pertama, mengawal otonomi daerah agar selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan rakyat dan peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif.

"Kedua, mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh kreativitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai potensi sumber daya alam yang secara signifikan akan mendukung dan memperkokoh pembangunan nasional dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang Anies Baswedan.

Ketiga, meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Juga keserasian hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dan masyarakat, sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis.



Sumber: BeritaSatu.com