2 Bulan, Jasa Marga Ongkosi 46.789 Penumpang Transjakarta dan KRL di Bekasi

2 Bulan, Jasa Marga Ongkosi 46.789 Penumpang Transjakarta dan KRL di Bekasi
Antusiasme warga Bekasi mengikuti program "Senin Diongkosin" yang digagas Jasa Marga sejak Maret dan April lalu. ( Foto: Ist )
Mikael Niman / FMB Kamis, 2 Mei 2019 | 20:45 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - ‎Selama dua bulan, Maret-April, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menanggung ongkos penumpang bus Transjakarta dan kereta rel listrik (KRL) di Bekasi sebanyak 46.789 orang. Jumlah tersebut berasal dari pengguna Transjakarta sebanyak 9.050 orang di halte Summarecon dan sisanya, 37.739 orang merupakan penguna KRL di Stasiun Kranji, Stasiun Bekasi dan Stasiun Cikarang.

Program "Senin Diongkosin" yang digagas Jasa Marga yang dimulai sejak Senin (11/3/2019) resmi dihentikan pada Senin (26/4/2019).

"Program ini merupakan program yang diselenggarakan khusus untuk warga Bekasi, terutama bagi warga yang terkena dampak kepadatan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek akibat pembangunan sejumlah infrastruktur secara bersamaan," ujar Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Irra Susiyanti, dalam keterangannya, Kamis (3/5/2019).

Program gratis naik Transajakarta dan KRL ini, Jasa Marga didukung oleh PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC), anak usaha Jasa Marga yang mengoperasikan Tol Jakarta-Cikampek 2 (elevated).

Bedanya, penumpang KRL di tiga stasiun mendapat cashback saat melakukan isi ulang uang elektronik.

"Program ini hanya berlaku untuk pengguna KRL yang menggunakan Kartu Multi Trip (KMT). Mekanismenya, pengguna KRL harus melakukan top up saldo KMT di loket stasiun minimal Rp 20.000 untuk mendapatkan bonus saldo Rp 10.000," katanya.

Khusus untuk KRL, tarif yang ditanggung sebesar Rp 10.000 merupakan perjalanan pulang-pergi penumpang di tiga stasiun wilayah Bekasi menuju ke Jakarta dengan asumsi terjauh tarif Rp 5.000 sekali jalan.

Para pengguna TransJakarta maupun pengguna KRL Commuterline menyambut baik program "Senin Diongkosin" yang berlaku pada pukul 05.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB.

Untuk memastikan program ini terlaksana dengan baik, Jasa Marga bekerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dan PT Transportasi Jakarta (TJ). Selain untuk memastikan teknis pelaksanaan program, Jasa Marga, PT KCI dan PT TJ juga bekerja sama dalam menyebarluaskan informasi program ini kepada masyarakat Bekasi melalui media komunikasi yang beragam, termasuk menyelenggarakan acara bertajuk B-Fest "Festival Inspirasi Bekasi". 



Sumber: Suara Pembaruan