Jakpro Targetkan Soil Test Lahan Stadion BMW Rampung Pekan Ini

Jakpro Targetkan Soil Test Lahan Stadion BMW Rampung Pekan Ini
Alat berat ekskavator terus meratakan lahan Stadion Taman BMW di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Rabu, 25 Oktober 2017. ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Roy Fajarta )
Lenny Tristia Tambun / JAS Kamis, 16 Mei 2019 | 15:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang ditunjuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai pengembang yang membangun Jakarta International Stadium (JIS) atau Stadion BMW sudah melakukan persiapan pembangunan fisik di atas lahan JIS.

Direktur Konstruksi PT Jakpro, Iwan Takwin mengatakan persiapan pembangunan fisik tersebut berupa soil test. Yakni proses pengetesan kedalaman fondasi sebelum dilakukan pembangunan berupa penanaman tiang pancang.

“Kita lagi proses tes kedalaman fondasi. Jadi kita lagi suntik ke bawah, tes kedalaman fondasi. Supaya kita tahu maksimal kedalaman fondasi dan dimensi pancangnya berapa,” kata Iwan Takwin ketika dihubungi wartawan, Kamis (16/5/2019).

Pengerjaan soil test sudah hampir rampung, tambah Iwan Takwin. Ditargetkan, pekan ini soil test di lahan JIS tersebut sudah selesai. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan perataaan tanah dengan penimbunan tanah-tanah yang masih bergelombang.

“Kita sudah mau selesai. Iya minggu ini selesai. Paralel kita sekarang dilakukan penimbunan. Karena kan level lahan yang lama itu terlalu rendah. Nah kita akan melakukan analisis level aman dari banjir. Sambil penimbunan perataan sampai mencapai level ketinggian keamanan banjir,” jelas Iwan Takwin.

Iwan Takwin mengungkapkan pihaknya sedang mengejar penyelesaian soil test, analisis tanah, dan perataan tanah. Setelah semuanya selesai, baru akan dikerjakan konstruksi fisik yang dimulai dari pembangunan fondasi.

“Nah kini lagi mengejar itu hingga level aman yang direkomendasikan. Artinya, sesuadah itu, kita baru mulai pekerjaan fondasi,” terang Iwan Takwin.



Sumber: BeritaSatu.com