Peron Stasiun Telagamurni Menampung KRL 12 Gerbong

Peron Stasiun Telagamurni Menampung KRL 12 Gerbong
Stasiun Telagamurni di kawasan perumahan Metland Cibitung, Kabupaten Bekasi, pengoperasiannya mulai diuji coba sejak Sabtu (18/5/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Mikael Niman )
Mikael Niman / FMB Sabtu, 18 Mei 2019 | 21:26 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - ‎Stasiun Telagamurni Metland Cibitung, Kabupaten Bekasi, telah memenuhi standardisasi pengoperasian KRL. Stasiun yang berada di lahan seluas 2.000 meter persegi (m2) memiliki panjang peron mencapai 200 meter lebih, dengan begitu dapat menampung KRL yang memiliki 12 rangkaian (gerbong).

"Daya tampung stasiun KRL tidak menjadi hal utama, yang penting itu peron stasiun. Panjang peronnya sudah 200 meter lebih, jadi bisa untuk 12 kereta (gerbong) sudah dapat dilayani," ujar Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Banten (BTPWJB), Jumardi, saat uji coba pengoperasian Stasiun Telagamurni Metland Cibitung, Sabtu (18/5/2019).

Dia menjelaskan, ‎meskipun masih dilakukan tahapan uji coba pengoperasian Stasiun Telagamurni dibuka untuk umum Senin-Minggu.

"Ini uji coba judulnya, tetapi beroperasi setiap hari. Cuma memang kita perlu waktu untuk mengevaluasi perkembangan naik turun penumpangnya. Nanti akan ditetapkan oleh Menteri Perhubungan, segera," tuturnya.

‎Sementara itu, Perwakilan Metland Cibitung Tbk, Abdul Jalil, mengatakan Stasiun Telagamurni berada di lahan seluas 2.000 m2.

"Saat 2018 lalu, progres pembangunan stasiun mengalami perkembangan pesat dan mendapat suport KAI dan pemerintah daerah," ujarnya.

Dia menegaskan, pembangunan Stasiun Telagamurni Metland Cibitung, sejalan dengan ‎keinginan Presiden Joko Widodo dalam menyediakan transportasi massal, khususnya bagi para pengembang kawasan.

‎"Pelayanan transportasi massal ini sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo dalam menyediakan transportasi massal di kawasan perumahan. Pembukaan uji coba Stasiun Telagamurni Metland Cibitung‎, sudah terlihat antusias warga yang akan naik atau turun di stasiun ini, karena lebih dekat dengan rumahnya," ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi, Juliardi, mengapreasiasi atas beroperasinya Stasiun Telagamurni. ‎"Masyarakat Cibitung dan sekitar mengucapkan puji syukur sebesar-besarnya atas uji coba stasiusn Telagamurni. Kami melihatnya antusias warga cukup tinggi, kami berharap setengah jam sekali KRL Bekasi-Kota datang ke stasiun ini," harapnya.

Saat ini, perjalanan KRL Lintas Bekasi-Kota Jakarta di Stasiun Telagamurni mengikuti jadwal KRL‎ Cikarang. Kedatangan KRL sekitar satu jam sekali. 



Sumber: Suara Pembaruan