Pansus Pemilihan Wagub DKI Gelar Rapat Perdana

Pansus Pemilihan Wagub DKI Gelar Rapat Perdana
Bestari Barus. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / FMB Senin, 20 Mei 2019 | 15:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DPRD DKI menggelar rapat perdana hari ini, Senin (20/5/2019). Dalam rapat perdana ini, mereka membahas penyusunan tata tertib (tatib) pemilihan hingga pembentukan panitia pemilihan (panlih).

Wakil Ketua Pansus Wagub DKI, Bestari Barus mengatakan dalam perumusan tatib pemilihan Wagub, pihaknya telah mendapatkan pedoman Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Untuk pembahasan tatib pemilihan diperkirakan selesai dalam waktu satu bulan.

“Yang sudah ada tinggal kami kembangkan sesuai dengan kebutuhan. Dalam satu bulan ini kelar. Setelah itu tinggal pelaksanaan pemilihan saja,” kata Bestari seusai rapat di gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (20/5/2019).

Setelah tatib rampung, maka langsung dilakukan pembentukan panlih. Nantinya panlih hanya tinggal menyiapkan teknis pemilihan berdasarkan tatib yang sudah disusun.

“Kalau panlih kan teknis saja. Tinggal siapin white board, surat suara, gitu. Kalau tatibnya, sebulan cukup lah. Atau 1,5 bulan karena kepotong Lebaran,” ujar Bestari Barus.

Anggota komisi D ini optimistis pemilihan wagub selesai sebelum pergantian anggota DPRD yang baru. “Iya yakin lah. Makanya kita bergerak cepat untuk mencari pendamping Gubernur DKI sebelum September 2019,” ungkap Bestari Barus.

Dalam rapat perdana turut hadir sejumlah anggota pansus, seperti Ferial Sofyan dari fraksi Demokrat-PAN, Asyraf Ali dari Fraksi Golkar, dan Mohon Taufik dari Fraksi Gerindra.

Kemudian Suhaimi dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Gembong Warsono dari PDI Perjuangan, dan Plt Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik.



Sumber: BeritaSatu.com