Pansus Wagub DKI Minta Ahmad Syaikhu Pilih Kursi Wagub atau DPR RI

Pansus Wagub DKI Minta Ahmad Syaikhu Pilih Kursi Wagub atau DPR RI
Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno bersama Ahmad Heryawan dan Ahmad Syaikhu, saat kampanye rapat umum di Lapangan Kobra Pekopen, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (2/4/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Mikael Niman )
Lenny Tristia Tambun / FMB Senin, 20 Mei 2019 | 16:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Panitia Khusus (pansus) Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DPRD DKI meminta calon wakil gubernur (cawagub) DKI, Ahmad Syaikhu memilih mau menjadi Wagub DKI atau menjadi anggota legislatif di DPR RI, karena Ahmad Syaikhu telah terpilih menjadi anggota DPR RI dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Wakil Ketua Pansus Wagub DKI, Bestari Barus mengatakan bila Syaikhu ingin menjadi anggota DPR, maka ia harus segera mengundurkan diri dari pencalonannya sebagai cawagub DKI. Namun bila ia ingin menjadi Wagub DKI, ia juga harus mundur menjadi calon anggota legislatif DPR RI.

“Ya, dia harus menentukan pilihan di antara dua pilihan yang ada. Tetapi kalau memang dia mau maju sebagai Wagub DKI, belum tentu juga dia terpilih,” kata Bestari Barus seusai rapat perdapa Pansus Pemilihan Wagub di gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (20/5/2019).

Dengan kondisi seperti ini, menurut politisi dari Fraksi Nasdem ini mengungkapkan tidak menutup kemungkinan akan ada nama baru untuk menggantikan Ahmad Syaikhu.

"Bisa saja muncul calon baru kalau dalam praktiknya mengatakan wajib mengundurkan diri dari anggota DPR atau jabatan publik lainnya,” papar Bestari Barus.

Kendati demikian, lanjut Bestari Barus, aturan itu belum final. Karena saat ini, persyaratan dan kriteria cawagub baru akan disusun.

"Ya Kalau dia mau menjadi anggota DPR ya jadi anggota DPR. nanti diatur dalam tatib. Nanti kita lihat bagaimana perkembangannya dan apakah kawan-kawan menginginkan kan seperti ini," terang Bestari Barus.



Sumber: BeritaSatu.com