DKI Kucurkan Rp 465 Juta untuk Perbaikan Kerusakan Kerusuhan 21-22 Mei

DKI Kucurkan Rp 465 Juta untuk Perbaikan Kerusakan Kerusuhan 21-22 Mei
Suasana Bawaslu RI, Jalan MH Thamrin, Jumat (24/5/2019). ( Foto: Beritasatu.com / Lenny Tristia Tambun )
Lenny Tristia Tambun / FMB Sabtu, 25 Mei 2019 | 13:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengucurkan anggaran sebesar Rp 465 juta untuk memperbaiki beberapa fasilitas umum yang rusak pascakerusuhan aksi 21-22 Mei 2019. Beberapa di antaranya adalah pagar dan taman-taman.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan sudah menginstruksikan Dinas Bina Marga DKI segera memperbaiki fasilitas umum yang rusak agar kondisi Jalan MH Thamrin, Jalan KH Wahid Hasyim, Slipi, Petamburan dan Jatibaru kembali ke semula.

“Yang paling banyak itu adalah taman. Kita alokasikan anggaran perbaikan akibat kerusakan taman dan pagar mencapai Rp 465 juta. Nilai perbaikannya Rp 465 juta,” kata Anies Baswedan sesuai buka bersama legislatif dan eksekutif di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019) malam.

Anies Baswedan menerangkan anggaran sebesar Rp 465 juta ini merupakan bagian dari anggaran pemeliharaan dan sudah dalam APBD 2019.

“Sudah langsung bisa dikerjain. Barangnya (material) sudah ada,” ujar Anies Baswedan.

Menurut Anies, hampir di semua ruas jalan yang terjadi kerusuhan ada kerusakan. Untuk pengerjaan perbaikan sendiri, akan dilakukan secepatnya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyayangkan adanya kerusakan fasilitas umum dari aksi-aksi tersebut. Kendati demikian, ia menyadari hal itu merupakan bagian dari efek buruk dari bentrokan yang terjadi pada 21-22 Mei.

“Sebetulnya benturannya saja disayangkan. Itu kan side effect-nya. Tetapi yang sebenarnya mendasar adalah seharusnya damai dan kita berharap nanti penyelidikan setelah tuntas kita akan tahu orang-orang yang bertanggung jawab sebagai pemancing terjadinya kerusuhan kemarin,” ungkap Anies Baswedan.



Sumber: BeritaSatu.com