Dinkes DKI Bantah Tak Ada Dokter PNS di Puskesmas Setiabudi

Dinkes DKI Bantah Tak Ada Dokter PNS di Puskesmas Setiabudi
ilustrasi dokter (ist)
Lenny Tristia Tambun / FMB Jumat, 7 Juni 2019 | 16:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dinas Kesehatan DKI membantah pernyataan Ombudsman RI seusai melakukan sidak bahwa tidak ada dokter PNS yang bertugas di Puskesmas Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan selama libur Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, Widyastuti mengatakan selama libur Lebaran terdapat satu dokter PNS dan dokter berstatus kontrak yang melayani warga di Puskesmas Kecamatan Setiabudi.

“Jadi dokter PNS kami tetap ada yang bertugas di setiap harinya. Hari ini tim supervisor (di Puskesmas Setiabudi) Dr. Roy Michael Suranta (PNS) dan Rezki Ananda Rangkuti S.Kom (Non PNS)," kata Widyastuti, Jumat (7/6/2019).

Dijelaskannya, saat libur Lebaran pada tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019, layanan di Puskesmas Kecamatan Setiabudi tetap buka selama 24 jam untuk melayani masyarakat.

“Tim dokter, terdiri dari dua orang yang berjaga. Nanti jumlahnya akan ditambah bila dibutuhkan,” ujar Widyastuti.

Pada tanggal tersebut, layanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Setiabudi yang beroperasi adalah layanan instalansi Gawat Darurat (IGD) 24 jam dan layanan gigi.

"Puskesmas Setiabudi tetap ada tim supervisor di tanggal libur 3,4 dan 7 dan yang bertugas 2 orang (1 PNS & 1 Non-PNS). Tim ini bertugas memastikan layanan tidak ada berkendala. Jika ada kendala kami akan menyiapkan langkah penambahan tim (ada tim yang standby)," terang Widyastuti.

Pelayanan kesehatan 24 jam yang dibuka setiap hari di Puskesmas Kecamatan, pihaknya memang menugaskan dokter non-PNS untuk berjaga. Sebab, jumlah dokter PNS dan non-PNS memiliki jumlah yang tidak berbanding lurus.

Dalam layanan 24 jam sehari-hari di Puskesmas Kecamatan Setiabudi, rasio petugas medis PNS ada sebesar 23 persen dan 77 persen nonPNS.

“Untuk itu, pembagian tugas dokter telah dibuat sepekan sebelum Lebaran tiba. Kami sendiri membuat jadwal tersebut. Dan kami sosialisasikan di tanggal 29 Juni sekaligus pemberian surat tugas," pungkasnya.

Seperti diketahui, Jumat pagi ini, Ombudsman RI melakukan sidak ke beberapa pelayanan publik. Salah satunya, Puskesmas Setiabudi, Jakarta Selatan. Ombudsman menyoroti tidak adanya dokter berstatus PNS yang bertugas di sana.



Sumber: BeritaSatu.com