Disparbud DKI Minta Penyelenggara Jakarta Fair Perketat Pengawasan Arena Hiburan

Disparbud DKI Minta Penyelenggara Jakarta Fair Perketat Pengawasan Arena Hiburan
Arena bermain Komidi Putar di Pekan Raya Jakarta. ( Foto: Beritasatu.com/Iman Rahman Cahyadi )
Lenny Tristia Tambun / CAH Kamis, 13 Juni 2019 | 11:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI meminta penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran (JKF), yakni PT Jakarta International Expo (JIExpo) untuk memperketat pengawasan tenant hiburan dan permainan yang ada di dalam area JFK.

Agar peristiwa komidi putar yang roboh atau ambruk beberapa hari lalu tidak terulang kembali.

Sekretaris Disparbud DKI, Asiantoro mengatakan pascarubuh komidi putar di area JFK 2019, pihaknya sudah langsung berkoordinasi dengan PT JIExpo sebagai penyelenggara JFK 2019.

“Kami sudah berkoordinasi dengan penyelenggara. Saat kita kesana, sudah ada kepolisian disana yang menangani,” kata Asiantoro, Kamis (13/6/2019).

Ia sendiri merasa prihatin adanya peristiwa tersebut. Pihaknya juga telah memanggil pemilik komidi putar tersebut. Dan langsung memeriksa kelayakan komidi putar dan seluruh alat-alat permainan yang ada disana.

“Kita panggil pemiliknya. Kita lihat juga kelayakannya. Kita turut prihatin,” ujar Asiantoro.

Karena peristiwa itu terjadi dalam area penyelenggara JFK 2019, maka menurut Asiantoro pihak yang bertanggung jawab adalah PT JIExpo sebagai panitia penyelenggara.

Paling tidak, JIExpo harus memperketat pengawasan terhadap tenant-tenat hiburan dan permainan. Agar peralatan atau alat permainan mereka tidak membahayakan keselamatan pengunjung.

“Pengawasan itu langsung dari penyelenggara JIExpo langsung. Jadi kurang kontrol aja. Tapi enggak ada korban jiwa kan,” ungkap Asiantoro.

Sebelumnya, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Harry Kurniawan mengatakan komidi putar itu rusak, besi penopang tidak kuat sehingga ambruk.

Komidi putar ambruk, Senin (10/6/2019) pukul 18.30 WIB. Empat orang yang menaiki wahana permainan itu jadi korban dan mengalami luka ringan.

 



Sumber: BeritaSatu.com