PKS Nilai Anies Telah Penuhi Janji Kampanye soal Reklamasi

PKS Nilai Anies Telah Penuhi Janji Kampanye soal Reklamasi
Anies Baswedan di pulau reklamasi. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / CAH Senin, 17 Juni 2019 | 11:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD DKI menilai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan telah memenuhi janji kampanyenya terkait proyek reklamasi.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI, Abdurrahman Suhaimi mengatakan janji kampanye Anies Baswedan ada dua terkait reklamasi. Pertama, menghentikan kegiatan reklamasi di pantai utara Jakarta. Kedua, melakukan pemanfaatan lahan untuk masyarakat luas.

“Kurang lebih begitu ya. Jadi penghentiannya sudah memenuhi janji. Nah pemanfaatan lahan itu adalah untuk masyarakat luas. Itu dua-duanya terpenuhi janjinya,” kata Abdurrahaman Suhaimi, Senin (17/6/2019).

Hanya saja, lanjut Abdurrahman Suhaimi, untuk penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dilakukan oleh Anies Baswedan perlu dipastikan tidak bertentangan dengan aturan hukum yang ada.

“Berikutnya apa yang dilakukan Pak Gubernur itu harus dipastikan bahwa itu tidak bertentangan dengan aturan-aturan yang ada. Jadi selama itu tidak bertentangan, ya tidak mengapa,” ujar Abdurrahman Suhaimi.

Terkait adanya pandangan penerbitan IMB menyalahi aturan karena belum disahkannya dua rancangan peraturan daerah (raperda) terkait reklamsi, menurut Abdurrahman Suhaimi harus diteliti terlebih dahulu.

“Kalau soal itu, nanti perlu di kaji. Yang penting begini, kalau pesan kita dipastikan bahwa kebijakan Pak Gubernur tentang IMB itu adalah tidak bertentangan dengan aturan yang berlaku. Jadi ini tidka bertentangan. Dan pasti Pak Gubernur punya tim kajian yang sudah memberikan rekomendasi untuk diberikannya IMB,” terang Abdurrahman Suhaimi.

Fraksi PKS, kata Abdurrahman Suhaimi, mendukung rencana Anies Baswedan yang menginginkan pantai itu milik publik bukan milik privat. “Milik publik dimana semua orang bisa mengakses, bisa menikmati itu. Itu tugasnya pemerintah hadir untuk mengelola kekayaan milik negara, dalam hal ini Pemprov DKI,” tuturnya.

Sementara itu, Anies Baswedan bersikukuh semua kebijakan yang dikeluarkannya sesuai dengan janji kampanye. Pertama menghentikan reklamasi dan kedua untuk lahan yang sudah terjadi dimanfaatkan untuk kepentingan publik.

“Itulah janji kami. dan kami konsisten memegang dan melaksanakan janji itu. Bayangkan bila kami tidak menghentikan reklamasi. Maka kini sudah akan terbangun 17 pulau, seluas Kabupaten Sukabumi di Teluk Jakarta,” kata Anies Baswedan.

Dijelaskannya, kawasan hasil reklamasi yang dulu tertutup, eksklusif, sepenuhnya dikuasai swasta, dan tidak boleh dimasuki siapapun tanpa izin mereka, kini telah menjadi kawasan yang dikuasai oleh Pemprov DKI Jakarta.

Sehingga menjadi kawasan terbuka yang bisa diakses oleh publik. Bahkan sekarang, Kota Jakarta akan punya pantai yang terbuka untuk umum dan bisa dinikmati oleh semua warga.

“Saya menjunjung tinggi prinsip keadilan dan prinsip good governance, sehingga aturan hukum yang ada, suka ataupun tidak, dilaksanakan secara konsisten. Dengan cara seperti ini, kami percaya bahwa janji bisa terlaksana dengan baik dan akan tercipta kepastian hukum bagi semua. Kita ingin semua yang berkegiatan di Jakarta bisa belajar dari kasus ini untuk selalu mengikuti semua prosedur dengan benar dan tertib,” terang Anies Baswedan.



Sumber: BeritaSatu.com