Anies Akan Hilangkan Dinas Perindustrian dan Energi

Anies Akan Hilangkan Dinas Perindustrian dan Energi
Gubernur DKI, Anies Baswedan. ( Foto: Beritasatu Photo / Lenny Tristia )
Lenny Tristia Tambun / CAH Senin, 24 Juni 2019 | 17:00 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan menghilangkan Dinas Perindustrian dan Energi (DPE) karena dinilai tidak relevan lagi dengan aturan yang ada dan bidang kerja. Khususnya perindustrian lebih mendekat bidangnya ke Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI.

“Kemudian bidang energinya akan digabungkan dengan Dinas Lingkungan Hidup. Jadi Dinas Lingkungan Hidup dan Energi,” kata Anies seusai Rapat Paripurna penyampaian pandangan gubernur tentang tiga rancangan peraturan daerah (Raperda) di gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (24/6/2019).

Dalam rapat paripurna, Anies Baswedan menyampaikan alasan dilakukan revisi Perda Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Perangkat daerah yang mengalami pembubaran mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No 99 Tahun 2018.

"Beban kerja urusan energi tidak memenuhi ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 99 Tahun 2018,” ujar Anies Baswedan.

Dijelaskannya, rumpun urusan perindustrian lebih dekat dengan urusan KUKM dan urusan perdagangan sesuai kebutuhan percepatan capaian target RPJMD 2018-2022.

Urusan energi, nantinya akan dilimpahkan ke Dinas Lingkungan Hidup atau yang sebelumnya disebut Dinas Kebersihan.

"Dinas Lingkungan Hidup menjadi Dinas Lingkungan Hidup dan Energi dengan pertimbangan integrasi pengembangan energi yang aman dan handal dengan konsep lingkungan hidup yang ramah dan berkelanjutan (sustainable) guna mendukung pengembangan kota," terang Anies Baswedan.

Sementara urusan perindustrian masuk ke Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Perdagangan. Nantinya, dinas ini bernama Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan KUKM. Dengan pertimbangan, urusan perindustrian lebih dekat dengan rumpun urusan pemerintahan.

Seperti diketahui, Dinas Perindustrian dan Energi dibentuk pada 2009. Pembentukan itu sekaligus untuk menggabungkan Dinas Pertambangan, Dinas Penerangan Jalan Umum, dan Dinas Perindustrian.



Sumber: BeritaSatu.com