Kekeringan Mulai Melanda Bekasi, PDAM Distribusikan Air Bersih

Kekeringan Mulai Melanda Bekasi, PDAM Distribusikan Air Bersih
BPBD Kabupaten Bekasi bersinergi dengan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi siap menyalurkan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan. ( Foto: Suara Pembaruan/Mikael Niman )
Mikael Niman / CAH Selasa, 25 Juni 2019 | 21:42 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - ‎Memasuki musim kemarau, wilayah Kabupaten Bekasi mulai terdampak krisis air bersih. Seperti tahun-tahun sebelumnya, beberapa kecamatan di Kabupaten Bekasi kembali mengalami kekeringan. Ratusan kepala keluarga (KK) mengalami krisis air bersih sejak beberapa hari terakhir ini.

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi, selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kabupaten Bekasi‎, bersama dengan Badan Penanggalangan Bencana Daerah (BPDB) ‎Kabupaten Bekasi, telah menyiapkan penyaluran air bersih kepada warga terdampak.

"Kami bersama dengan BPBD akan bersinergi membantu dan mendistribusikan air bersih kepada masyarakat. Airnya dari PDAM Tirta Bhagasasi dan pendistribusiannya menggunakan mobil tangki yang disiapkan BPBD Kabupaten Bekasi," kata Direktur Teknik PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Johny Dewanto, Selasa (25/6/2019).

Dia mengatakan, PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi telah menyiapkan air bersih yang dibutuhkan warga, terutama di Kecamatan Cibarusah. ‎Ada desa di kecamatan tersebut yang warganya mulai kesulitan air bersih saat memasuki musim kemarau, yakni‎ Desa Ridogalih dan Desa Ridomanah.

‎"Kami siap menyuplai air bersih. Air ini diambil dari PDAM Cabang Cibarusah yang lokasinya lebih dekat dengan dua desa tersebut," imbuhnya.

Dia mengatakan, pemberian air bersih tersebut dilakukan secara gratis, dan merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah daerah dalam hal ini, BPBD dan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi.

Warga yang tinggal di Kampung Bakansirna, Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, terdapat ratusan KK yang kesulitan air bersih. Sama seperti halnya, di Kampung Sentul RT 02/RW 03, ada sebanyak120 KK yang kesulitan air bersih.

"Pembagian air ini, sebagai bentuk kepedulian sosial PDAM Tirta Bhagasasi, walaupun warga yang menerima bukan pelanggan kami," sambung Kepala Bagian Umum PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Lili Subalie.

Bahkan, kata dia, pembagian air bersih seperti ini sudah menjadi kegiatan rutin dilakukan setiap tahun saat musim kemarau.

"Saat musim banjir, kontribusi PDAM membagikan air bersih untuk masyarakat korban banjir di Kecamatan Muaragembong," katanya.

Dia mengatakan, sudah menjadi agenda rutin tiap tahun PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi membantu masyarakat di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi untuk menyediakan air bersih saat kemarau dan banjir.



Sumber: Suara Pembaruan