Logo BeritaSatu

Depok Jadi Wilayah Rawan Transaksi Narkoba

Rabu, 26 Juni 2019 | 15:19 WIB
Oleh : Bhakti Hariani / FMB

Depok, Beritasatu.com - Kota Depok, Jawa Barat menjadi wilayah rawan terjadinya transaksi narkoba. Depok dinilai sebagai wilayah strategis karena letaknya berbatasan dengan ibu kota DKI Jakarta.

Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Depok Rusli Lubis menuturkan, Depok menjadi tempat transaksi perdagangan narkoba di mana pembeli/ pengguna dan pengedarnya berasal dari luar Depok. Seperti salah satu contoh kasus di mana pengedarnya berasal dari Ace, sedangkan penggunanya berasal dari Bekasi.

"Depok ini strategis. Makanya banyak transaksi narkoba ada di Depok. Sedangkan orang Depok yang terlibat dalam dunia narkotika sendiri jarang yang merupakan pengedar, 90 persennya pengguna narkoba. Mayoritas menggunakan jenis sabu dan ganja,"ujar Rusli kepada SP, Rabu (26/6/2019) usai acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional di Gedung Dibaleka II, Kota Depok, Jawa Barat.

Saat ditanyakan soal data pengguna narkoba di usia milenial, Rusli menuturkan bahwa Bagian Puslidatin BNN Kota Depok belum berjalan maksimal. Selain itu, BNN Depok masih menunggu Universitas Indonesia yang rencananya akan membuat penelitian tentang pengguna narkoba di Depok secara menyeluruh. Mulai dari usia, profesi, dan profil data lainnya.

"Pak wali kota waktu itu menginstruksikan demikian. Katanya UI mau bikin penelitian. Kami diminta bantu. Kami masih tunggu sampai sekarang tetapi UI belum juga membuat penelitian itu. Nanti akan kami koordinasikan lebih jauh lagi," tutur Rusli.

Wilayah Depok sendiri yang memiliki tingkat kerawanan tertinggi akan peredaran dan pengunaan narkoba adalah Kecamatan Pancoran Mas. Wilayah ini dinilai berada di tengah kota dan memiliki banyak pemberhentian stasiun. Seperti misalnya Stasiun Depok Baru, Stasiun Depok.

"Ini gampang sekali. Mereka turun kereta. Kemudian transaksi. Lalu selesai naik kereta lagi," kata Rusli.

Selain itu, kerawanan Kecamatan Pancoran Mas juga dikarenakan banyaknya kasus peredaran dan penggunaan narkoba terjadi di wilayah tersebut. Pancoran Mas dikatakan Rusli juga memiliki tingkat pengangguran dan jumlah penduduk yang juga banyak. Meski dia tak merinci data detailnya.

Sedangkan penggunaan media sosial dinilai Rusli sangat efektif untuk menyosialisasikan bahaya narkoba kepada generasi milenial. Pasalnya, media sosial memiliki aneka fitur menarik yang membuat generasi muda betah untuk menyimaknya.

"Media sosial kan ada gambarnya, ada videonya, ini pasti menarik dan ini mempermudah kami untuk sosialisasi. Jelas sangat membantu," kata Rusli.

Berbagai upaya terus menerus dilakukan BNN Kota Depok untuk memberantas narkoba. Salah satunya dengan membentuk kampung bersinar atau kampung bersih narkoba. Kampung atau kelurahan ini adalah kampung atau kelurahan yang benar-benar bebas dari narkoba.

"Ini program nasional. Depok baru merintis dari para penggiatnya. Kami merekrut para aktivis, para pemerhati masalah narkoba, ASN atau juga wartawan untuk aktif menjadi penggiatnya. Setelah penggiatnya terbentuk, kemudian akan kami bentuk kampung atau kelurahannya," papar Rusli.

Untuk urusan rehabilitasi korban narkoba, Rusli mengatakan bahwa RSUD Depok sudah bisa menangani rehabilitasi pengguna narkoba. Mereka yang menjalani rehabilitasi tidak dikenakan biaya apapun karena semua anggaran rehabilitasi sudah dibiayai negara.

"Dalam satu bulan ada lima orang yang kami rehab. Mungkin masih bisa lebih kalau banyak orang yang mau terbuka untuk menyembuhkan sanak keluarga mereka yang menjadi pengguna narkoba. Ini kan masih ada yang takut dan nggak mau lapor. Kalau semua lapor mungkin akan jadi sangat penuh," ujar Rusli.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Ferdy Sambo dan 11 tersangka lain kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan obstruction of justice segera diserahkan ke jaksa.

NEWS | 29 September 2022

Kasus dan Kematian Covid-19 Jakarta sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus dan jumlah kematian Covid-19 di Jakarta sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Jumlah Penerima Vaksin Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah penerima vaksin Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 28 September 2022

Infografik tentang data dan tren kasus aktif Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Prevalensi Covid-19 di 10 Provinsi pada 28 September 2022

Infografik tentang data angka prevalensi Covid-19 di 10 provinsi di Indonesia pada tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Partai Demokrat Tetap Ingin AHY Ikut Pilpres 2024

Koordinator Juru bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan partainya terbuka mengusung Anies Baswedan sebagai capres.

NEWS | 29 September 2022

Puan Tanam Padi Bareng Petani dan Borong Sayur-Mayur di Bali

Dalam kunjungan kerjanya di Bali, Ketua DPR Puan Maharani meninjau lokasi pertanian di Kabupaten Badung. Ia juga ikut menanam padi bersama petani.

NEWS | 29 September 2022

Puan Maharani Tegaskan PDIP Siap Usung Calon Presiden Sendiri

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyatakan partainya siap mengusung calon presiden (capres) sendiri pada Pilpres 2024.

NEWS | 29 September 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data positivity rate Covid-19 di Indonesia sampai dengan tanggal 28 September 2022.

NEWS | 29 September 2022

Tim Putri BIN O2C Berpeluang ke Babak Kedua Livoli

Tim putri BIN O2C Bandung dan PLN Batam berpeluang ke babak delapan besar kompetisi bola voli Livoli Divisi I.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

Berkas Perkara Dinyatakan Lengkap Polri Serahkan Sambo Cs ke Jaksa

NEWS | 3 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings