Operator BORR Masih Hitung Potensi Kerugian

Operator BORR Masih Hitung Potensi Kerugian
Petugas masih melakukan pembersihan sisa tiang penyangga kolom 109 BORR yang ambruk di Jalan Soleh Iskandar, Tanahsareal, Kota Bogor. ( Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale )
Vento Saudale / WBP Jumat, 12 Juli 2019 | 10:56 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Operator jalan tol Bogor Lingkar Luar Bogor (Bogor Outer Ring Road/BORR), PT Marga Sarana Jabar (PT MSJ), anak usaha PT Jasa Marga Tbk mengaku banyak mengalami kerugian imbas ambruknya tiang penyangga kolom 109 di Jalan Soleh Iskandar, Bogor. Saat ini, MSJ masih menghitung potensi kerugian akibat terhentinya proyek tol sepanjang 2,8 kilomter itu.

Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmojo, Jumat (12/7/2019) menyebut potensi kerugian masih diinventarisasi. Namun Hendro tak menampik peristiwa tersebut berimbas pada ekonomi di kawasan perniagaan itu sebagai imbas penutupan Jalan Soleh Iskandar. "Belum kita estimasi. Kami masih melakukan pemulihan dulu. Barang belum ada pengganti, karena seluruhmaterial atas nama kementerian," kata Hendro Atmojo.

Berdasarkan pantauan di lokasi, dua hari usai rangka ambruk, lalu lintas di kawasan proyek tol BORR IIIA memang belum stabil. PT PP selaku pelaksana proyek memberlakukan sistem buka tutup jalan di area runtuhnya tiang karena sedang dilakukan proses pembongkaran tiang penyangga yang tidak runtuh.

“Pertama, kita meminta maaf kepada masyarakat, tentunya ini bukan kesengajaan. Jika memang ada tuntutan karena merasa dirugikan pasti kita bicarakan. Kita masih fokus terhadap pemulihan traffic,” tambah Hendro Atmojo.

Salah seorang pemilik bengkel Tumpal Simanjuntak (43) di kawasan proyek Tol BORR seksi IIIA, berharap agar arus lalu lintas di Jalan Soleh Iskandar kembali normal. Tumpal menuturkan, penutupan Jalan Soleh Iskandar membuat bengkelnya sepi. “Ya inginnya cepat-cepat diselesaikan, dua hari kita tutup dua harian. Imbasnya potensi pemasukan sekitar Rp 500.000 hilang, sekarang juga buka tidak ada konsumen yang datang,” kata Tumpal Simanjuntak.



Sumber: BeritaSatu.com