Akhir Pekan Jalur Puncak Padat, Pengendara Diminta Lewat Jalur Alternatif

Akhir Pekan Jalur Puncak Padat, Pengendara Diminta Lewat Jalur Alternatif
Situasi jalur Puncak Bogor padat.
Vento Saudale / CAH Sabtu, 13 Juli 2019 | 10:09 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Akhir pekan jalur Puncak terpantau padat dan mengular tiga kilometer jelang Gerbang Tol Ciawi. Polisi memprediksi puncak arus lalu lintas di kawasan Puncak akan terjadi Minggu (14/7/2019), hal itu bertepatan dengan berakhirnya masa libur sekolah.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor, Kabupaten Bogor, Ajun Komisaris Fadli Amri mengatakan, kondisi arus lalin Tol Jagorawi mengarah Puncak Bogor terpantau padat sejak pukul 06.00 WIB. Keramaian kendaraan itu, di padati oleh ribuan kendaraan dari arah Jakarta untuk mengisi liburan akhir pekan minggu ini.

"Pantauan kami di exit Tol Jagorawi hingga menuju Puncak Bogor, terpantau meriah cenderung padat. Terdapat antrean kendaraan sekitar 3 kilometer jelang pintu tol Ciawi," ujar Fadli kepada wartawan, Sabtu (13/7/2019).

Dilanjutkannya, untuk mengurai kemacetan seperti pekan lalu, Sat Lantas Polres Bogor kembali menerapakan sistem satu arah (one way) mengarah Puncak Bogor sejak pukul 08.00 WIB.

"Saya sarankan, bagi wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya diharapkan agar mengurungkan niatnya untuk mengunjungi destinasi wisata Puncak Bogor apabila tidak ingin terkena dampak kepadatan dijalur tersebut," katanya.

Dijelaskannya, kepadatan kendaraan yang mengarah ke Puncak Bogor, juga disebabkan adanya perbaikan jalan dibeberapa titik yang sangat berpengaruh kepada kecepatan kendaraan yang lintas.

"Kepadatan arus lalin akhir pekan ini di jalur Puncak Bogor, juga diakibatkan adanya beberapa penggal jalan yang mengalami perbaikan, dan hal itu kami anggap cukup berpengaruh kecepatan kendaraan yang melintas," bebernya.

Kemudian, kata Fadli, untuk Minggu (14/7/2019) jalur puncak diprediksi masih padat. Mengingat hari terakhir masa libur sekolah.

"Untuk masyarakat Jabodetabek yang ingin bepergian dari Jakarta menuju Bandung ataupun sebaliknya, kami himbau agar menghindari jalur Puncak, agar kami sarankan menggunakan jalur alternatif mengarah Jonggol," papar Fadli.

Menurutnya, dengan melalui jalur alternatif tersebut dianggap sangat efektif untuk menghindari kepadatan di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat



Sumber: BeritaSatu.com