Kemkumhan Dinilai Harus Lakukan Pembenahan Aset Lahan

Kemkumhan Dinilai Harus Lakukan Pembenahan Aset Lahan
Ilustrasi lahan kosong ( Foto: Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Minggu, 14 Juli 2019 | 16:03 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Terlalu banyak lahan Kementerian Hukum dan Ham (Menkumham) yang mangkrak di Kota Tangerang. Hal tersebut, memberikan celah untuk oknum-oknum tak bertanggungjawab menggunakan lahan secara ilegal.

Diketahui, sejumlah lahan Kemkumham di Kota Tangerang banyak yang disewakan seperti Bale Kota dan lahan lainnya. Tak terkecuali lahan samping Masjid Al Azhom yang disewakan menjadi bedeng-bedeng warung kumuh.

Pengamat Kebijakan Publik, Trubus Rahardiansyah, mengatakan, seharusnya Kemkumham melakukan pembenahan internal agar persoalan ini tidak berlarut. Apalagi, kalau di lahan tidur bisa memunculkan free raider atau penunggang bebas yang bisa berpotensi menjadi sarang kriminal.

"Hal ini menurut saya Kemkumham harus melakukan pembenahan internal. Ini kan sifat persoalannya jadi turun temurun. Kemudian, menjadi kewenangan Wali Kota tentu, karena wilayahnya memang kewenangan Wali Kota," jelas Trubus dalam keterangannya kepada Beritasatu.com, Minggu (14/7/2019).

Baca Juga: Wali Kota Tangerang Tanggapi Sindiran Menkumham

Trubus menegaskan, jangan sampai penunggang bebas makin merajalela karena masyarakat nanti yang akan dirugikan. "Kita ini kan negara hukum. Jangan sampai masing-masing malah mempertontonkan kekuatannya," imbuh Trubus.

Trubus mendorong agar kedua belah pihak untuk duduk bersama mencari mufakat, bahkan membuat tim kecil untuk mencari solusi yang tepat mengenai polemik yang berkembang saat ini.

Sementara itu, warga Tanah Tinggi, Wahyu Nugroho, mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dengan ringan hati mengurus lahan Kemkumham dengan tujuan memberikan pelayanan fasilitas kepada masyarakat.

"Ini kondisi yang aneh menurut saya. Kenapa lahan negara jika dipergunakan secara sewa seperti Bale Kota sangat mudah diproses. Namun, lahan negara yang katanya juga milik masyarakat, sulit sekali dipergunakan untuk publik secara gratis," ungkap Wahyu.

Wahyu menilai, Pemkot Tangerang sudah membantu membangun fasilitas di lahan Kemkumham untuk kepentingan masyarakat banyak. "Kenapa harus dipersulit pemanfaatan sebuah lahan negara untuk masyarakat. Tapi jika sewa yang diketahui ada setoran uang setiap tahunnya sangat mudah," kata Wahyu.



Sumber: BeritaSatu.com