Ridwan Kamil Janji Bangun Underpass di Jalan Dewi Sartika

Ridwan Kamil Janji Bangun Underpass di Jalan Dewi Sartika
Ruas Jalan Dewi Sartika, Depok yang telah diberlakukan Sistem Satu Arah (SSA). Namun kerap kali tetap macet karena perlintasan kereta api. ( Foto: Beritasatu Photo / Bhakti Hariani )
Bhakti Hariani / FER Kamis, 18 Juli 2019 | 15:09 WIB

Depok, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengunjungi Balai Kota Depok, Kamis (18/7/2019). Kedatangan Ridwan Kamil dalam rangka kunjungan kerja sekaligus membahas progres berbagai program yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar di Kota Depok.

Ridwan Kamil mengatakan, pada tahun ini pembuatan Detail Engineering Design (DED) underpass Jalan Dewi Sartika akan dibuat oleh Pemprov Jabar bersama dengan Pemkot Depok. Sedangkan pengerjaan fisik pembangunan underpass akan dilakukan pada tahun 2020.

"Kami sudah sepakat. Pemprov Jabar untuk pembangunan konstruksinya, sedangkan Pemkot Depok untuk pembebasan lahan. Ini kolaborasi antara Pemprov Jabar dengan Pemkot Depok karena kami juga memiliki keterbatasan. Kami kucurkan anggaran lebih kurang Rp 240 Miliar," ujar Ridwan Kamil.

Gubenur yang akrab disapa Kang Emil ini menambahkan, Pemprov Jabar juga akan melakukan kajian untuk memecahkan kemacetan di wilayah Stasiun Citayam. Kawasan ini dinilai membutuhkan penataan yang matang, mengingat kondisinya demikian kompleks.

"Meski demikian, belum diputuskan apakah disana juga akan dibangun underpass juga ataukah ada solusi lain yang terbaik," kata Emil.

Selain itu, pada tahun ini juga akan dimulai penataan Situ Rawa Kalong di Kecamatan Tapos. Dana sebesar Rp 30 miliar akan dikucurkan untuk konstruksi revitalisasi Situ Rawa Kalong dari Pemprov Jabar. Emil menilai, warga Depok membutuhkan sarana pariwisata sekaligus dapat dijadikan pemasukan bagi daerah.

"Apalagi Depok ini satu-satunya kota di Jabar yang memiliki lebih dari 20 situ. Maka dari itu, situ bisa dijadikan sarana wisata warga untuk melepas penat dan stres. Sungguh sayang jika tidak dimanfaatkan. Kalau warga Depok stres maka saya juga stres. Kalau warga Depok bahagia maka saya juga bahagia," tutur Emil.

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris, menuturkan, Pemkot Depok akan melakukan pembebasan lahan pembangunan underpass di Jalan Dewi Sartika. Pengerjaan pembangunan sendiri direncanakan selama satu tahun saja yakni pada 2020.

"Tahun ini kami buat DED-nya. Semoga semua dimudahkan dan pembangunan underpass terealisasi sehingga dapat memecahkan masalah kemacetan di Jalan Dewi Sartika dimana terdapat perlintasan kereta. Terlebih saat ini interval kereta hanya sekitar tiga menit dari kereta yang satu dengan yang lainnya," tutur Idris.



Sumber: Suara Pembaruan